Hadapi Masalah, Veronica Tan: Fokus Cari Solusi dan Bersyukur

Veronica Tan. instagram.com/veronicatan_official

ragam

Hadapi Masalah, Veronica Tan: Fokus Cari Solusi dan Bersyukur

Minggu, 21 Juni 2020 07:00 WIB
Reporter : Eka Wahyu Pramita Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Di masa pandemi Covid-19, Veronica Tan tetap melakukan sesuatu yang positif untuk dirinya maupun orang lain. Menurut ibu tiga anak itu, lebih baik fokus dengan yang bisa dilakukan di situasi sulit saat ini.

"Kita tidak mengubah situasi, yang bisa kita lakukan ialah cari solusi. Hal itu yang selalu saya pikirkan, kalau ada masalah ya cari solusi, sebab kondisi sekarang kan semuanya terdampak," ucap Veronica dalam Live Instagram Bazaar Indonesia pada Sabtu, 20 Juni 2020.

Perempuan 42 tahun ini juga berusaha melihat hikmah lain dari pandemi, salah satunya banyak orang menjadi lebih kreatif. Menurutnya, jika mau mengamati kondisi saat ini, pekerjaan dan kegiatan yang kita lakukan bisa lebih efektif.

"Fokus pada kebutuhan, ada meeting via zoom bisa langsung fokus. Beda kalau ketemu langsung, kan lebih banyak waktu terbuang, misal makan dua jam, meeting cuma setengah jam. Jatuhnya pekerjaan jadi lebih efektif," imbuhnya.

Sementara untuk tips mengelola emosi, Veronica mengajak banyak tersenyum. "Tetap tersenyum saat menghadapi cobaan hidup, saya pernah mengalami hal yang setiap orang juga pernah mengalaminya," ujar perempuan yang masuk 20 persona Majalah Harper's Bazaar Indonesia bersama Susi Pudjiastuti dan Najwa Shihab ini.

Baca juga: Veronica Tan Bicara Makna Cinta: Memberi, Berharap, dan Kecewa

Veronica mengungkap pastikan pula banyak berhubungan dengan orang-orang positif saat menghadapi masalah. "Kamu tidak bisa mengubah situasi apa pun, tapi Tuhan selalu memberi pilihan. Bahkan dalam keadaan susah pun kamu masih bisa memilih," tambahnya.

Tak lupa, ia sebutkan pentingnya bersyukur untuk apa pun yang terjadi dan setiap hal yang dimiliki. Melakukan apa yang kita bisa juga bagian dari bersyukur, menurutnya. "Kita perlu berusaha membawa hati untuk terus bersyukur. Seperti saya, masih ada tiga anak, selalu ada rasa syukur dan harapan bisa melihat mereka tumbuh dewasa," paparnya.

Karena bersyukur dengan kondisi saat ini, Veronica mengaku tak ingin kembali ke masa lalu. "Kita belajar dari masa lalu dan membuat keputusan ke depan mau seperti apa. Hidup untuk hari ini dan belajar menerima masa lalu," tandasnya.

EKA WAHYU PRAMITA