Kate Middleton Beri Kejutan pada Ibu baru Melahirkan saat Pandemi

Kate Middleton. Instagram/@kensingtonroyal/Matt Porteus

ragam

Kate Middleton Beri Kejutan pada Ibu baru Melahirkan saat Pandemi

Selasa, 5 Mei 2020 18:00 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kate Middleton tahu betul perjuangan ibu saat melahirkan buah hati. Ia sendiri sudah melahirkan tiga anak. Dengan memori pengalamannya, terlebih saat ini ibu melahirkan di tengah pandemi virus corona baru atau COVID-19, yang belum pernah ia rasakan. Kate tahu betul rasa khawatir dan cemas melanda sejumlah ibu baru. 

Alasan itu yang membuat Kate Middleton memberi kejutan via aplikasi video Zoom. Istri Pangeran William ini menyapa hangat para ibu baru, beserta para dokter dan bidan di rumah sakit. Perbincangan ini juga bertepatan dengan Pekan Kesadaran Kesehatan Mental Maternal Inggris

Selama obrolan santai itu, Kate dan orang-orang yang disapanya membicarakan dampak pandemi terhadap keluarga dan petugas kesehatan.

Dilansir dari Elle, Ahad, 3 Mei 2020, Duchess of Cambridge juga berbicara dengan ibu dan ayah baru di Inggris setelah mereka menyambut putra mereka.

"Sangat senang bertemu denganmu. Aku pikir ini pasti yang pertama. Yah, pertama, selamat yang luar biasa," tutur Kate sembari tertawa ketika berbicara dengan ibu baru yang masih terbaring di tempat tidur rumah sakit.  

Selama panggilan video itu, Kate juga berbicara dengan para ahli dan penyedia layanan kesehatan apa masalah utama mereka selama pandemi ini.

Isolasi sosial adalah salah satu kekhawatiran terbesar dari para profesional kesehatan, yang mengatakan bahwa banyak orang tua baru tidak dapat melihat anggota keluarga mereka menjelang atau setelah kelahiran.

"Itu menimbulkan kecemasan karena kita semua tahu betapa pentingnya hubungan itu di masa-masa awal itu," ucap seorang wanita.

Kate telah lama menjadi penasihat untuk pentingnya kesehatan mental pasca-melahirkan. Pada 2017, perempuan berusia 38 tahun itu juga  berbicara tentang seberapa cepat hal-hal berubah dalam kehidupan orang tua baru usai persalinan.

"Tidak ada yang bisa benar-benar mempersiapkanmu untuk jadi orang tua, pengalaman yang luar biasa tentang apa artinya menjadi seorang ibu. Itu penuh dengan emosi yang kompleks dari kegembiraan, kelelahan, cinta, dan kekhawatiran, semuanya bercampur menjadi satu," imbuhnya.

Lebih lanjut ia berkata,"Identitas fundamentalmu berubah dalam semalam. Kamu berubah dari memikirkan dirimu sendiri sebagai seorang individu, menjadi seorang ibu, itu yang pertama dan terutama."

MILA NOVITA