6 Tips Aman Bawa Anak Imunisasi ke Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas

Petugas memberikan vaksin kepada salah satu anak saat imunisasi di salah satu posyandu di Palu, Sulawesi Tengah, Rabu, 6 Mei 2020. Imunisasi dilaksanakan pada ruang terbuka serta orang tua wajib menggunakan masker. ANTARA/Mohamad Hamzah

kesehatan

6 Tips Aman Bawa Anak Imunisasi ke Rumah Sakit, Klinik, Puskesmas

Rabu, 17 Juni 2020 08:33 WIB
Reporter : Antara Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Imunisasi untuk anak di masa pandemi Covid-19 tetap diperlukan. Musababnya, masyarakat tak hanya melawan virus corona baru namun juga penyakit lain, seperti difteri, influenza, pneumonia, diare, campak, dan lainnya.

Ahli tumbuh kembang anak Soedjatmiko mengatakan imunisasi lengkap sesuai jadwal tetap harus dilakukan. Hanya saja, yang menjadi pertimbangan sekarang adalah, apakah aman membawa anak keluar rumah, termasuk ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit, klinik, atau puskesmas.

Di tempat-tempat umum itu, anak berisiko terpapar Covid-19 dan kondisi ini justru lebih mengkhawatirkan. Seedjatmiko berbagi tips aman membawa anak ke rumah sakit, klinik, atau puskesmas untuk imunisasi di masa pandemi Covid-19 ini.

"Sebaiknya jangan tunda imunisasi. Tetap lakukan sesuai jadwal," kata Soedjatmiko, dalam konferensi pers virtual, Senin, 15 Juni 2020. Untuk memastikan keamanan bagi si kecil, dia menyarankan orang tua melakukan riset kecil-kecilan sebelum membawa anak imunisasi.

Baca juga: 5 Tips Mengatasi Anak yang Takut Disuntik saat Imunisasi

Ilustrasi Imunisasi. TEMPO/Fully Syafi

Pertama, cari tempat praktik dokter anak yang tidak menangani pasien Covid-19. Kedua, jika ingin imunisasi di rumah sakit, pilih rumah sakit yang membuat jalur berbeda antara pasien dengan yang imunisasi. "Rumah sakit yang baik akan membedakan jalur untuk imunisasi dan jalur untuk pasien, jadi tidak akan bertemu," kata dia.

Ketiga, pilih fasilitas kesehatan yang terdekat dengan rumah. Keempat, buat janji lebih dulu dan tentukan jam kedatangan sehingga tidak banyak membuang waktu di luar rumah.

Kelima, terapkan protokol kesehatan saat keluar rumah, di fasilitas kesehatan, hingga kembali ke rumah. Protokol kesehatan ini di antaranya ibu dan anak memakai masker atau mengenakan pelindung wajah, dan rajin mencuci tangan seusai memegang benda.

Keenam, yang tak kalah penting adalah segera pulang setelah imunisasi. "Jangan mampir. Pulang, cuci tangan, dan mandi," tutur Soedjatmiko.