5 Tips Mengatasi Anak yang Takut Disuntik saat Imunisasi

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi Imunisasi. TEMPO/Fully Syafi

Ilustrasi Imunisasi. TEMPO/Fully Syafi

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Momen disuntik saat sakit ataupun imunisasi bisa menjadi momok yang menakutkan bagi anak. Terlebih lagi, jika buah hati Anda sudah histeris saat tiba di rumah sakit tentu menjadi tantangan tersendiri untuk Anda. Tak perlu khawatir, Anda tidak sendirian merasakan hal itu, orang tua lainnya juga mengalami hal tersebut. Selain dua kekhawatiran itu, orang tua juga berupaya mengendalikan perasaannya yang tak sanggup melihat anaknya menangis.

Agar anak Anda tidak takut disuntik dan histeris melihat jarum, berikut tips yang dibagikan laman Times of India

1. Ceritakan yang sebenarnya

Penting bagi Anda untuk memberi tahu anak Anda yang berusia dua tahun ke atas bahwa disuntik hanya untuk memberi rasa sakit dalam waktu sekejap. Beritahu pula bahwa menyuntik itu bagian dari memerangi infeksi dan melindungi mereka.

2. Tentukan posisi yang nyaman

Untuk mencegah anak-anak bergoyang-goyang selama seluruh proses menyuntik, banyak dokter menyarankan anak untuk berbaring. Namun, di beberapa kasus posisi ini bisa memicu rasa takut sakit pada si kecil. Tanyakan pada dokter atau petugas kesehatan, apakah memungkinkan dilakukan saat duduk atau mereka punya saran lainnya. Apapun posisinya, pastikan Anda memegang dengan kuat.

3. Hadiah

Anda bisa memberi cokelat atau camilan favorit anak sebagai hadiah karena mereka berani. Ketika Anda mengikuti pola ini, anak Anda mungkin memiliki sesuatu yang dinanti-nanti setelah suntikan.

4. Pengalihan

Dari buku cerita favorit hingga lagu bisa menjadi pengalihan terbaik saat proses menyuntik dilakukan.

5. Orang tua harus tetap tenang

Ingatlah, bahwa anak memiliki ikatan batin yang kuat dengan Anda berdua. Jika anak melihat Anda bahagia dan tersenyum, ia akan menerima petunjuk dan mengerti bahwa itu bukan masalah besar. Jadi, usahakan tetap tenang dan tidak tegang saat akan ke puskesmas atau rumah sakit. Dibangun suasana yang menyenangkan saat di rumah.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."