Pertimbangan Zaskia Adya Mecca Pilih Melahirkan di Yogyakarta

Zaskia Adya Mecca dan Hanung Bramantyo (Instagram/@zaskiaadyamecca)

keluarga

Pertimbangan Zaskia Adya Mecca Pilih Melahirkan di Yogyakarta

Senin, 8 Juni 2020 21:30 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Jelang lahiran, Zaskia Adya Mecca berdiskusi dengan suami, Hanung Bramantyo, tentang lokasi melahirkan. Dalam unggahan Instagram pada Senin, 8 Juni 2020,Zaskia menceritakanHanung mengutamakan kenyamanannya saat memilih lokasi bersalin di antara Jakarta dan Yogyakarta.

Zaskia, Hanung, dan keempat anak mereka tinggal di Yogyakarta sejak pandemi virus corona baru atau Covid-19. Pertimbangannya kasus Covid-19 di Yogyakarta tak setinggi seperti Jakarta. Selain itu, Yogyakarta merupakan tanah kelahiran sang suami, jadi dekat pula dengan mertua dan keluarga lainnya.

Jika melahirkan di Jakarta sudah ada dokter langganan, dokter Musa Soebiantoro, jelas Hanung kepada Zaskia. Aktris 32 tahun itu pun mengiyakan. Namun saat mendengar sederet kesibukan syuting dan persiapan film yang dipaparkan suami saat mereka tiba di Jakarta, Zaskia berubah pikiran.

"Berhubung udah 3 bulan bareng mulu 24 jam, terasa berat banget kalo balik jakarta dan dia langsung sibuk kembali rasanya hati langsung mantep bilang “yaudah di jogja aja kalo gitu” iya, bukan karena alesan nyamannya ku sekarang.. tapi karena ga rela aja dia langsung sibuk di tengah pandemi yang grafiknya masih tinggi," jelas Zaskia.

Menurutnya, tiga bulan karantina wilayah atau lockdown akibat pandemi mengubah banyak hal. 

"Rasanya yang normal ya dia di rumah 24 jam aja tiap saat normal itu anak sekolah online, kita barengan tiap hari terus," jelasnya.

Zaskia mengumumkan kehamilan kelimanya lewat unggahan Instagram 28 Mei 2020. Saat itu, usia kehamilannya sudah memasuki minggu ke-32 atau 8 bulan. Pengumuman kehamilan itu disertai kisah penolakan Zaskia di awal kehamilannya. 

Zaskia Adya Mecca menceritakan pertama kali tahu sedang hamil pada November 2019. Pemeran film Ayat-ayat Cinta 1, ini masih menyimpan informasi tersebut, termasuk kepada suaminya Hanung Bramantyo. Ia hanya memberitahu kehamilannya itu kepada beberapa orang terdekatnya, salah satunya Shireen Sungkar. Hanung baru diberitahu kemudian dengan ekspresi Zaskia yang marah-marah.

"Kami enggak membayangkan buat menambah anak lagi karena menurut aku sudah ideal. Ada Bhumi yang paling besar, kemudian empat anak yang aku lahirkan, dua cowok dan dua cewek," kata Zaskia di kanal YouTube The Bramantyos, Kamis 28 Mei 2020. "Ditambah kami mau rencana naik haji bareng keluarga Shireen tahun ini yang sudah teretunda empat tahun karena urusan melahirkan."

Saking kalut, mereka bahkan terpikir untuk menggugurkan janin dan tidak melanjutkan kehamilannya. Hanung Bramantyo menyerahkan keputusan itu kepada Zaskia Adya Mecca karena yang merasakan repot saat hamil, melahirkan, dan menyusui adalah sang istri.

"Terlebih saat ini anak-anak maunya tidur sama Bia-nya (panggilan anak-anaknya pada Zaskia)," kata Hanung. "Kalau diajak tidur sama aku suka tidak mau. Belum lagi nanti ditambah anak kelima yang juga akan fokus untuk menyusui."

Di bulan pertama kehamilan, Zaskia Adya Mecca berupaya menolak dengan melakukan olahraga berlebihan sampai sengaja makan nanas. Hingga saat dia memeriksakan diri, dokter menyarankan agar Zaskia Adya Mecca mempertahankan janinnya. Sebab bagaimanapun juga, anak adalah pemberian Tuhan.

Akhirnya Zaskia Adya Mecca mulai menerima kehamilannya. Dukungan dari orang-orang tercinta -suami, keluarga besar, dan teman-teman, memberinya kekuatan untuk mempertahankan buah hati.

SILVY RIANA PUTRI | EKA WAHYU PRAMITA