Mona Ratuliu Melahirkan, Tambah Rp 3 Juta dan Mental Vs Fisik

Mona Ratuliu menjelang melahirkan. (Instagram -@monaratuliu)

ragam

Mona Ratuliu Melahirkan, Tambah Rp 3 Juta dan Mental Vs Fisik

Minggu, 31 Mei 2020 19:34 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Mona Ratuliu menceritakan proses dia melahirkan anak keempat pada Rabu, 20 Mei 2020. Anak keempat Mona Ratulio dan Indra Brasco itu lahir pada pukul 20.20 dengan operasi caesar.

Bagi Mona Ratuliu, proses melahirkan kali ini begitu menantang karena usianya yang tak muda lagi, yakni 38 tahun. Mona terakhir melahirkan pada delapan tahun lalu. Proses persalinan ini juga berlangsung di masa pandemi Covid-19 di mana petugas medis menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mencegah penyebaran virus corona.

Sebelum operasi, Mona Ratuliu harus menjalani pemeriksaan Covid-19. Setiap rumah sakit memiliki prosedur yang berbeda. Ada yang cukup dengan menjalani rapid test, ada pula yang harus melakukan tes swab PCR atau Polymerase Chain Reaction.

Mona Ratuliu harus menjalani pemeriksaan rontgen paru dan darah lengkap. "Pemeriksaan ini untuk mengetahui apakah positif Covid-19 atau tidak. Kalau Covid, penanganannya berbeda, semua pakai alat pelindung diri lengkap," kata Mona. Untuk pemeriksaan Covid-19 ini, Mona Ratuliu menyediakan biaya tambahan sekitar Rp 3 juta, di luar ongkos persalinan.

Mona Ratuliu menunjukkan persiapan barang bawaannya ke rumah sakit saat melahirkan anak keempat di tengah pandemi Covid-19. Anak keempat pasangan Mona Ratuliu dan Indra Brasco lahir pada Rabu, 20 Mei 2020 pukul 20.20. Foto: Tangkapan Layar video berjudul "Intip Yuk, Apa Aja yang Perlu Disiapin untuk Melahirkan di Masa Pandemi" di YouTube MIC- Mona Indra Channel

Saat operasi caesar akan berlangsung, Mona Ratuliu dibawa ke ruang bedah sendiri. Tak boleh didampingi siapapun. Indra Brasco pun khawatir karena baru kali ini dia tak ada di sisi Mona saat melahirkan.

"Campur aduk panas dingin saat melihat mona didorong masuk ke ruang operasi, masak saya nggak ikut masuk, membiarkan sendiri berjuang untuk melahirkan anak keempat," ucap Indra di kanal YouTube Mona Indra Chanel pada Jumat 29 Mei 2020. Proses persalinan Mona berjalan lancar. Anak keempat mereka lahir dengan berat 3,4 kilogram dan panjang 50 sentimeter.

Mona Ratuliu menjelaskan perbedaan melahirkan di usia muda dan tua. Saat masih muda, stamina masih kuat tapi secara mental masih banyak ketakutan dan kekhawatiran. Sementara melahirkan di usia tua, mental sudah cukup sehingga lebih santai, namun tubuh mudah lelah dan mengantuk.

EKA WAHYU PRAMITA