New Normal, Wajib Bawa Alat Makan dan Helm Sendiri

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi pengendara sepeda motor mengenakan helm. Shutterstock

Ilustrasi pengendara sepeda motor mengenakan helm. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Usai pembatasan sosial berskala besar atau PSBB berakhir, bersiaplah memasuki tatanan baru di tengah situasi Covid-19 atau dikenal dengan istilah New Normal.

Mengingat vaksin untuk Covid-19 belum ditemukan, maka masyarakat diimbau untuk terus meningkatkan kebersihan dan pola interaksi jaga jarak untuk hindari penularan virus corona. Salah satu cara menjaga kebersihan lewat sejumlah benda yang wajib dibawa sendiri di era kenormalan baru. Apa saja itu?

1. Masker

Selalu sedia masker cadangan dalam tas Anda, baik itu masker kain ataupun masker sekali pakai. Masker berfungsi untuk menghindari Anda dari percikan dahak atau air liur saat berada di dekat orang lain.

Jangan membuka masker dengan memegang sisi depan, tetapi bukalah dengan cara membuka tali yang berada di kuping atau bagian belakang kepala. Jika menggunakan masker kain, cucilah setiap habis digunakan.

2. Hand Sanitizer 

Jika tidak menemukan wastafel untuk mencuci tangan, hand sanitizer sangat berguna dalam menjaga kebersihan dan kesehatan tangan apalagi jika harus berada di tempat umum atau transportasi publik.

3. Tisu basah

Tisu basah dengan antibakterial merupakan alternatif jika tidak ada hand sanitizer. Tisu basah juga berguna untuk membersihkan alat makan di tempat umum, memegang gagang pintu dan lainnya.

4. Alat makan pribadi

Membawa alat makan pribadi seperti sendok dan garpu akan lebih baik dibanding menggunakan alat makan yang ada di tempat umum. Saat ini sudah banyak tersedia perlengkapan makan yang praktik dan mudah dibawa dalam tas.

5. Topi face shield

Sejak pandemi virus corona berlangsung, topi dengan face shield pun seperti menjadi tren baru, ada yang berbentuk baseball cap atau bucket hat.

Jika Anda memutuskan untuk membeli topi face shield, pilihlah pelindung yang dibuat hingga bawah dagu. Selain itu, telinga juga harus tertutup dan tidak ada celah terbuka antara dahi dan pelindung wajah.

6. Alat salat

Khusus bagi para perempuan, usahakan untuk membawa mukena sendiri. Sebab Anda tidak akan tahu riwayat pengguna mukena yang disediakan di tempat-tempat umum. Bagi laki-laki juga sebisa mungkin untuk membawa sajadah sendiri.

7. Helm

Jika memungkinkan bawalah helm sendiri agar lebih aman saat bepergian dengan menggunakan ojek online.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."