Manfaat Puasa Syawal, Tingkatkan Imunitas dan Kontrol Gula Darah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

Ilustrasi buka puasa. Shutterstock

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Umat muslim biasanya menjalani ibadah sunah puasa Syawal selama 6 hari usai Hari Raya Idul Fitri. Tak hanya mendulang pahala dari ibadah sunah, puasa Syawal juga baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari menjaga kekebalan tubuh atau imunitas hingga mencegah risiko diabetes tipe 2. 

Berikut sejumlah manfaat kesehatan puasa Syawal melansir laman Sehatq

1. Meningkatkan imunitas

Seperti puasa pada umumnya, salah satu manfaat puasa Syawal adalah dapat meningkatkan daya tahan tubuh atau imunitas. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Southern Califormia yang tertarik mempelajari kaitan antara puasa dan daya tahan tubuh seseorang.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti menemukan bahwa rasa lapar selama puasa dapat memicu sel-sel induk dalam tubuh memproduksi sel darah putih baru yang melawan infeksi. Mereka menyebut puasa sebagai “pembalik sakelar regeneratif” yang mendorong sel induk menciptakan sel darah putih baru.

Penciptaan sel darah putih baru inilah yang membuat regenerasi seluruh sistem kekebalan tubuh terjadi sehingga mampu melindungi tubuh sekaligus menyingkirkan bagian-bagian dari sistem tubuh yang mungkin rusak, tua, atau tidak efisien selama berpuasa.

2. Mencegah timbulnya gangguan pencernaan

Manfaat puasa Syawal berikutnya adalah mencegah timbulnya gangguan pencernaan. Selama bulan Ramadan, sistem pencernaan dikondisikan untuk bekerja lebih lambat dari biasanya karena ada perubahan pola makan. Begitu masuk hari raya Lebaran, pola makan kembali normal sehingga umat Islam dapat kembali makan 3 hari sekali.

Hal itulah yang dapat berisiko menyebabkan gangguan pencernaan. Nah, agar sistem pencernaan tidak kaget, dibutuhkan masa transisi yang biasanya memakan waktu antara 3 hari hingga 1 minggu.

Sebab itu, puasa Syawal selama 6 hari sangat bermanfaat untuk mengendalikan masa transisi tersebut.

3. Mengendalikan gula dan lemak dalam tubuh

Saat hari raya Idul Fitri, sebagian orang mungkin mengonsumsi makanan yang berminyak dan berlemak, serta mengandung tinggi gula. Dengan menjalankan puasa Syawal, tubuh dapat mengendalikan gula dan lemak yang masuk sehingga membantu mengontrol pola makan.

4. Menurunkan berat badan

Tak sedikit orang yang menjalankan puasa karena ingin menurunkan berat badan. Pada dasarnya, berpuasa memang dapat membuat Anda jadi makan lebih sedikit. Saat berpuasa, kadar insulin di tubuh akan menurun, tetapi kadar hormon pertumbuhan dan norepinefrin akan meningkat. Hal ini yang dapat memicu tubuh untuk memecah lemak dan menggunakannya sebagai sumber energi.

Berpuasa juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh sehingga tubuh akan membakar lebih banyak kalori. Namun, bila saat waktu berbuka puasa, Anda justru mengonsumsi makanan berlemak dan tinggi gula, maka keinginan menurunkan berat badan bisa jadi hanya sekadar angan-angan. 

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."