Serba Putih, Gaya Iriana Jokowi Mengucapkan Selamat Idul Fitri

Ibu Negara Iriana Jokowi menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1441 H. (Biro Pers Setpres)

mode

Serba Putih, Gaya Iriana Jokowi Mengucapkan Selamat Idul Fitri

Sabtu, 23 Mei 2020 15:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bersama Iriana Jokowi tampil kompak berbusana serba putih saat mengucapkan Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriah. 

Video berdurasi 1 menit 53 detik yang ditayangkan Antara dibuka dengan bacaan takbir dan menunjukkan sejumlah interior ruangan serba putih di Istana Bogor. Baru di detik ke-42, Presiden Jokowi dan Ibu Negara tampak duduk berdampingan di meja makan berwarna coklat. Tersaji aneka hidangan Lebaran seperti ketupat dan sayur di atas meja. 

Ucapan Idul Fitri diawali oleh Presiden Jokowi. "Assalaamu'alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh. Bapak, Ibu, dan saudara-saudara sekalian, Hari Raya Idul Fitri kali ini kita rayakan dengan cara yang berbeda. Karena menuntut pengorbanan kita semua untuk tidak mudik dan tidak dapat bersilaturahmi seperti biasanya," ucap Jokowi.

Presiden Jokowi dan Ibu Negara menyampaikan ucapan selamat Idul Fitri 1441 H. (Biro Pers Setpres)

Presiden Jokowi mengungkapkan memahami betul kondisi ini berat, namun keselamatan kita semua menjadi hal yang penting dan prioritas utama.

"Saya yakin bersama-sama kita bangsa Indonesia mampu melewati ujian berat ini. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah. Mohon maaf lahir dan batin," ujar kakek Jan Ethes itu.

Ucapan Jokowi tersebut langsung diikuti Iriana Jokowi, "Saya juga mengucapkan selamat Hari Raya Idul Fitri. Mohon maaf lahir dan batin." Salam dari Presiden Jokowi menjadi penutup ucapan Hari Raya Idul Fitri.

Berbicara soal busana putih Iriana, terlihat detail bordir dan manik-manik menghiasi di bagian dada dan ujung lengan. Busana yang dikenakannya memiliki desain leher bulat. Iriana melengkapi busana lengan panjangnya dengan model kerudung ala Yenny Wahid, putri Gus Dur. Yaitu gaya kerudung yang menunjukkan sedikit rambut bagian atas dan bagian leher.

Untuk soal riasan, Iriana konsisten dengan pulasan makeup simpel dan hanya menonjolkan warna lipstik pink magenta favoritnya. Hal itu kerap dituturkan Ryan Ogilvy makeup artist langganan Iriana saat acara kenegaraan seperti perayaan hari kemerdekaan Indonesia setiap 17 Agustus hingga pelantikan Presiden Jokowi di periode keduanya pada Oktober 2019.

"Kita suka banget warna pink segar. Pink dengan sedikit magenta. Kalau pink banget itu nanti jadinya seperti baby pink. Untuk karakter ibu yang bersahaja, aku tambahkan magenta, jadi warnanya keluar tapi enggak mencolok. Bukan warna merah, burgundy, atau ungu tua, tapi magenta. Jadi, tampilan ibu kuat sekaligus segar,” tukas Ryan kepada Cantika pada 18 Agustus 2019.

Untuk melengkapi penampilannya, Iriana tampak mengenakan cincin di jari manis tangan kanannya.

Sementara itu, untuk detail busana Jokowi tampak disematkan pin kenegaraan di bagian kiri atas kemeja. Jokowi juga mengenakan kopiah hitam.

SILVY RIANA PUTRI | ANTARA