6 Manfaat Buah Ceri Menyehatkan Jantung hingga Kaya Antioksidan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Buah Ceri. (dok. splendidtable)

Buah Ceri. (dok. splendidtable)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah ceri kerap ditemukan sebagai dekorasi kue ulang tahun karena warna dan bentuknya yang menarik. Rasanya yang manis juga sering digunakan sebagai varian rasa sirup obat batuk anak. Tetapi tahukah Anda, di balik bentuknya yang mungil dan warna yang cantik, buah ceri mengandung vitamin, serat, dan mineral yang menyehatkan.

Berikut enam manfaat buah ceri untuk kesehatan

1. Kaya Nutrisi

Buah ceri mengandung beragam nutrisi yang diperlukan tubuh seperti karbohidrat, potasium, vitamin C, protein, serat, kalori. Kandungan ini, terlebih vitamin C, serat, dan potasium sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Vitamin C berfungsi menjaga sistem imun tubuh serta baik untuk kulit. Potasium dibutuhkan untuk memelihara kesehatan saraf, pengaturan gula darah, dan fungsi tubuh lainnya. Lalu, serat bermanfaat menjaga kesehatan pencernaan.

2. Mempercepat pemulihan otot sehabis olahraga

Untuk Anda yang sering berolahraga, perbanyak mengkonsumsi buah ceri. Pasalnya, menurut penelitian kandungan antiradang dan antioksidan dari buah ini mampu meredakan nyeri, peradangan, dan kerusakan yang diakibatkan oleh berolahraga.

Penelitian tersebut juga menyebutkan, ekstrak buah ceri bermanfaat mempercepat pemulihan otot, nyeri otot, dan juga kehilangan tenaga pada atlet-atlet pesepeda dan juga pelari maraton.

Namun penelitian ini dilakukan mengacu pada ekstrak buah ceri, bukan untuk buah yang utuh. Tetapi tidak ada salahnya mencoba mengonsumsi buah ini lebih banyak untuk otot yang lebih sehat.

3. Kaya antioksidan dan antiradang

Meski tiap jenis buah ceri memiliki jumlah kandungan nutrisi yang berbeda, tetapi semuanya memiliki kandungan antiradang dan antioksidan yang tinggi. Zat antioksidan pada buah merah ini sangat bermanfaat melawan proses penuaan dini. Dengan mengkonsumsinya Anda dapat terlihat lebih muda.

Buah ceri mengandung zat polifenol yang tinggi. Polifenol bermanfaat sebagai zat antiperadangan yang mampu melawan kerusakan sel, dan berbagai kondisi yang muncul akibat peradangan.

4. Mengurangi gejala artritis dan asam urat

Kandungan zat antiperadangan yang tinggi pada buah ceri juga bermanfaat meredakan nyeri yang timbul di persendian akibat asam urat. Mengkonsumsi buah ceri secara rutin juga bermanfaat menurunkan asam urat di dalam tubuh

5. Meningkatkan kualitas tidur

Mengkonsumsi buah ceri bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan melatonin pada buah merah ini. Melatonin sendiri merupakan zat yang bisa mengatur siklus tidur dan bangun pada tubuh manusia.

Sebuah studi menunjukkan bahwa 20 orang yang mengkonsumsi jus ekstrak buah ceri selama 7 hari mengalami peningkatan kualitas dan durasi tidur.

Namun, perlu diingat, penelitian ini berkaitan dengan ekstrak buah ceri. Sampai saat ini masih belum ada penelitian lanjut yang membahas apakah mengkonsumsi buah ceri secara utuh dapat memberikan efek yang sama.

6. Melindungi organ jantung

Kandungan antioksidan polifenol dan potasium dalam buah ceri sangat berperan dalam menjaga kesehatan organ jantung. Potasium dalam buah ceri membantu mengatur detak jantung dan tekanan darah, menjaga kesehatan otot dan saraf, serta mengeluarkan sodium berlebih dalam tubuh.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."