Fakta di Balik Khasiat Madu Penyubur Kandungan

Ilustrasi madu. shutterstock.com

kesehatan

Fakta di Balik Khasiat Madu Penyubur Kandungan

Kamis, 26 September 2019 18:55 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Yunia Pratiwi

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi pasangan yang telah menikah dan ingin memiliki keturunan, masalah kesuburan tentu jadi perhatian penting. Tak heran jika banyak pasangan melakukan berbagai upaya, termasuk mencoba mengonsumsi madu penyubur kandungan, cara alami yang efektif.

Tapi sebelumnya, perlu digarisbawahi bahwa diet dan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat dapat berkontribusi pada 69 persen kesuburan suami dan istri. Tentu saja selain madu penyubur kandungan, ada banyak cara alami lain untuk menyuburkan kandungan. 

Bukan rahasia lagi bahwa kandungan madu sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia. Namun apakah benar bahwa madu dapat menjadi penyubur kandungan? Hal ini menodorong para peneliti dari Sohag University di Mesir untuk melakukan riset selama dua bulan penuh.

Responden mereka adalah 99 pasangan yang mengalami masalah asthenozoospermia. Ini adalah kondisi kelainan sperma yang tidak bergerak atau berenang lambat ke arah sel telur. Madu yang digunakan dalam penelitian ini adalah campuran madu lebah dan royal jelly khas Mesir. Satu kelompok diminta mengonsumsi madu dan royal jelly.

Sementara kelompok lainnya menjalani prosedur standar inseminasi intrauterine (IUI). Ini adalah teknik inseminasi buatan dengan meletakkan sperma di dalam rahim atau leher rahim ketika ovarium menghasilkan sel telur sehingga memperbesar kemungkinan terjadinya pembuahan.

Total ada 533 siklus yang diteliti dari seluruh responden. Hasilnya, ada 23 kehamilan dari kelompok yang menjajal madu penyubur kandungan, dan 7 kandungan dari kelompok yang menjalani prosedur inseminasi intrauterine. Perbedaan ini perlu mendapatkan perhatian bahwa madu penyubur kandungan cukup efektif mengatasi masalah pasangan yang bermasalah dengan motilitas sperma.

Seakan mendukung hasil penelitian dari Mesir tersebut, Journal of Animal Physiology and Animal Nutrition juga menemukan fakta bahwa terapi mengonsumsi bee pollen dan royal jelly sebelum berhubungan seksual terbukti meningkatkan kesuburan pasangan.

Namun tentu saja bagaimana madu penyubur kandungan bekerja bisa berbeda bagi setiap pasangan. Tapi terlepas dari itu, ada banyak sekali manfaat mengonsumsi madu untuk kesehatan tubuh, bahkan madu juga bermanfaat untuk wajah. 

SEHATQ