Aktivitas Fisik, Cara Cynthia Lamusu agar Anak Tak Bosan di Rumah

Cynthia Lamusu bersama saumi, Surya Saputra, dan dua anak kembarnya, Tatjana dan Bima. (Instagram/@cynthia_lamusu)

keluarga

Aktivitas Fisik, Cara Cynthia Lamusu agar Anak Tak Bosan di Rumah

Jumat, 15 Mei 2020 09:10 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Para orang tua berjuang mengusir kebosanan buah hati selama di rumah saja akibat pandemi Covid-19. Hal itu juga dialami pasangan selebriti Cynthia Lamusu dan Surya Saputra. Mereka berupaya memfasilitasi aktivitas fisik untuk atasi rasa bosan si kembar, Ataya Tatjana Aisyah Putri dan Atharva Bimasena Saputra, yang kini berusia 3,5 tahun.

"Kalau kelihatan tanda-tanda kebosanan berat biasanya jalan-jalan aja keliling kompleks pakai mobil, ini baru keempat kali mereka keliling selama dua bulan masa social distancing," ucap Cynthia di Instagram Live Mother & Baby "Tips Mengatasi Kebosanan pada Anak Selama Masa Pandemi", Rabu 13 Mei 2020.

Perempuan kelahiran 12 April 1978 ini mengaku walau kembar, Tatjana dan Bima memiliki respons yang berbeda dalam menghadapi kondisi saat ini. Tatjana sudah relatif mulaimenerima dan nyaman, yang belum bisa menerima perubahan kondisi ini adalah Bima.

"Bima masih adaptasi dengan sekolah online, 10 menit saja anteng, setelah itu ya sudah bebas. Selama ini dia sudah aktivitas sekolah dan les, biasanya jalan ke mal minimal seminggu sekali. Jadi belum terbiasa," tutur personel B3 ini.

Menurut Cynthia, mengatasi kebosanan tidak harus dengan beli mainan, bisa dengan eksplorasi ruang atau benda yang ada rumah. Ayah dan ibunya harus kreatif bagaimana mengkondisikan mereka saat bosan.

"Jadi kalau anak udah bosan dalam rumah ya kita ajak keluar, jadi banyak aktivitas di luar seperti berjemur, main air. Kadang Bima suka mainin sapu sama main saringan buat ambil daun," ungkap Cynthia.

Menurut Cynthia, kamar tidur mereka juga sekarang tidak pernah rapi karena jadi arena bermain. "Jadi kamar tuh sudah kayak kapal pecah. Tapi katanya semakin berantakan rumah, anak semakin kreatif," papar Cynthia.

Bagaimana dengan darah kreatif dan kebiasaan anak-anak yang sejak bayi sudah akrab dengan musik dan lagu? Cynthia mengatakan bahwa Tatjana sudah mulai menyanyi sejak usia setahun, selain punya kebiasaan berdoa sebelum tidur. 

"Kalau kami prinsipnya nggak mau maksa, tapi sejauh ini kalau kami lihat mereka ada interest ke musik. Sepanjang anak yang minta nyanyi ya bisa nyanyi bareng lagu anak-anak jadi kami tidak memaksa kalau mereka belum ingin nyanyi," tambah penyanyi berusia 42 tahun ini.

Sementara itu, Bima suka musik dengan cara menyimak dan mendengar, dia sudah bisa enjoy menikmati konser dan orang main piano.

"Akhirnya kami kasih les piano ke Bima, tapi yang hapal buku lagu justru Tatjana. Apalagi kalau les online begini kan Bima juga kurang nyaman, akhirnya yang sering ikut Tatjana," imbuhnya.

Cynthia mengaku ada perasaan deg-degan saat ada anak yang menurun bakat mereka. "Tapi pada dasarnya kami support apa yang mereka suka walau tidak harus bernyanyi," tandasnya.

EKA WAHYU PRAMITA