6 Bunga yang Jadi Primadona dalam Merawat Kecantikan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi bunga marigold atau dikenal juga dengan calendula. Pixabay.com/Silviarita

Ilustrasi bunga marigold atau dikenal juga dengan calendula. Pixabay.com/Silviarita

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Industri kecantikan semakin banyak menggunakan bahan-bahan alami yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Salah satu bahan alami yang sudah dan semakin dikembangkan adalah bunga. Jenis bunga apa saja itu? Di antaranya ada bunga mawar, melati, lavender, chamomile, kembang sepatu, dan marigold. 

Yuk, kita simak manfaat sejumlah bunga di atas dalam merawat kecantikan dilansir dari laman Times of India pada 2 Mei 2020

1. Mawar

Ilustrasi bunga mawar. Pixabay.com/Peggy Choucair

Bunga mawar digunakan sebagai bahan untuk air mawar, masker wajah, losion, dan krim malam. Air mawar bantu mengontrol kelebihan minyak pada kulit, sementara krim dan masker mawar membantu menghilangkan jerawat.

Dengan sifat melembapkan dan menyembuhkan, mawar bantu regenerasi kulit dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak. Selain itu, sifat antibakteri dalam mawar juga ideal bagi kulit wajah berminyak dan rentan jerawat. 

2. Lavender

aroma lavender (Pixabay.com)

Terkenal sebagai salah satu bahan minyak esensial, bunga lavender juga berkhasiat dalam menormalkan jenis kulit kering, berminyak dan sensitif, dengan menciptakan keseimbangan produksi sebum (kelenjar minyak). Selain itu, lavender memberi efek menenangkan pada kulit.

Dengan kandungan antibakteri dan antiseptik di dalamnya, lavender kerap dimanfaatkan untuk bahan masker wajah dan krim.

3. Chamomile

Ilustrasi minyak chamomile. shutterstock.com

Chamomile kerap disebut bunga ajaib untuk semua penggemar perawatan kulit. Bunga chamomile kaya kandungan yang bersifat anti-peradangan, anti-jamur, antibakteri, dan antiseptik. Dengan kandungan tersebut dapat membantu mengembalikan elastisitas kulit, mengurangi kemerahan, dan menenangkan kulit.

Bunga Chamomile banyak dimanfaatkan sebagai minyak dan bubuk kering sebagai rangkaian produk menenangkan kulit wajah. 

4. Kembang sepatu

Kembang Sepatu (Wikipedia)

Dikenal karena kualitas dalam pengelupasan dan regenerasi kulit, kembang sepatu jadi primadona di dunia kecantikan. Manfaat lain dari kembang sepatu adalah mengontrol produksi minyak, mengencangkan kulit, melembapkan, dan anti-penuaan. 

Minyak kembang sepatu juga dimanfaatkan untuk menyehatkan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

5. Melati

Ilustrasi bunga melati. Pixabay.com/Monika167

Bunga melati bermanfaat dalam membersihkan pori-pori kulit wajah, melembapkan dan melembutkan kulit, serta cegah penuaan dini berkat kandungan antioksidan yang tinggi.

6. Marigold

Ilustrasi bunga marigold atau dikenal juga dengan calendula. Pixabay.com/Silviarita

Bunga marigold atau calendula ini banyak tumbuh di India. Minyak calendula memiliki sifat anti-peradangan dan membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan bekas jerawat. Selain itu, juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa sakit sekaligus menenangkan kulit setelah digigit serangga.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."