Kenali 4 Penyebab Muntah saat Berpuasa

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita memegang perut. Pixabay.com/Natasya Gepp

Ilustrasi wanita memegang perut. Pixabay.com/Natasya Gepp

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah Anda pernah mengalami muntah di minggu pertama Ramadan 2020? Muntah bisa terjadi karena sistem pencernaan tengah beradaptasi dengan pola makan yang berbeda dari biasanya. Atau punya riwayat gangguan pencernaan dan faktor makanan atau minuman yang dikonsumsi saat sahur dan buka puasa. 

Sebenarnya, muntah bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Akan tetapi, jika terjadi terus menerus dan apa yang dikeluarkan oleh tubuh cukup banyak, muntah bisa jadi merupakan suatu gejala kondisi medis tertentu.

Yuk, telusuri apa saja penyebab muntah saat puasa

1. Menyantap makanan berminyak saat sahur

Terlalu banyak menyantap makanan berminyak saat sahur salah satu faktor pemicu muntah. Sebab makanan yang berminyak memiliki kandungan lemak yang tinggi. Alhasil, perut menjadi lebih lamban dalam mencerna atau mengosongkan makanan dari lambung Anda.

Akibatnya, tidak jarang rasa mual menjadi muncul sehingga menyebabkan Anda muntah di tengah-tengah aktivitas puasa.

2. Sering makan pedas saat sahur

Makanan pedas memang terasa nikmat dan dapat meningkatkan nafsu makan. Namun, terlalu banyak makan pedas, terutama saat sahur, dapat berisiko memicu beberapa masalah kesehatan, termasuk muntah.

Pada orang-orang yang memiliki riwayat gangguan pencernaan, seperti asam lambung yang naik ke tenggorokan (acid reflux), gastritis, hingga tukak lambung, sering makan makanan pedas dapat memperparah gejala penyakit tersebut yang ditandai dengan gejala mual dan muntah.

3. Makan berlebihan atau terlalu cepat saat sahur

Penyebab lain muntah saat puasa adalah makan berlebihan atau terlalu cepat saat sahur. Ya, saat lambung tidak sanggup lagi menampung atau mencerna makanan yang terlalu banyak, sistem pencernaan akan memaksa makanan agar keluar dari tubuh melalui muntah.

Hal ini dapat disebabkan oleh aktivitas lambung yang terlalu berat dalam mencerna makanan yang Anda makan.

4. Langsung tidur setelah makan sahur

Langsung tidur setelah makan sahur bisa menjadi salah satu pemicu rasa mual mendera sehingga menyebabkan Anda muntah saat puasa. Hal ini terutama dialami oleh para penderita gastroesophageal reflux disease (GERD) atau asam lambung meningkat.

Umumnya muntah bukanlah kondisi yang perlu dikhawatirkan. Namun, hal ini bisa jadi merupakan suatu gejala kondisi medis tertentu. Nah, dengan mengetahui penyebab muntah saat puasa, Anda bisa melakukan pencegahan yang tepat agar ibadah puasa Ramadan berjalan mulus.

 

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."