6 Cara Jitu agar Meja Dapur Rapi dan Bersih, Coba Pakai Pegboard

Ilustrasi interior dapur. Pixabay.com/StockSnap

ragam

6 Cara Jitu agar Meja Dapur Rapi dan Bersih, Coba Pakai Pegboard

Senin, 27 April 2020 13:44 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Meja dapur rapi dan bersih membuat kita lebih semangat memasak di dapur. Setuju? Sebab dua hal itu bisa membuat kita lebih mudah mencari alat atau bumbu yang dibutuhkan dan tak perlu khawatir soal higienitas atau tingkat kebersihan proses memasak. 

Berikut enam jurus ampuh menata meja agar dapur Anda menjadi lebih rapi dan bersih

1. Bersihkan dapur

Meja dapur bersih dan rapi tidak akan tercapai apabila Anda masih menyimpan barang-barang tidak berguna di dalam dapur Anda. Bersihkan dapur dan seisinya dari barang-barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Beberapa contoh barang yang dapat Anda singkirkan adalah kertas atau buku resep yang tidak pernah Anda gunakan, tumpukan kertas bekas, hingga peralatan dapur ganda yang hanya menganggur di pojok ruangan.

Dengan menyingkirkan benda-benda tidak terpakai ini, Anda telah menciptakan ruang tambahan untuk menyimpan barang-barang yang benar-benar dibutuhkan.

2. Sediakan tempat penyimpanan untuk semua perlengkapan

Ketiadaan tempat penyimpanan untuk semua perlengkapan dapur yang Anda miliki, termasuk penyebab krusial yang membuat meja dapur tampak kotor dan berantakan. Untuk mengatasi hal tersebut, sediakan tempat khusus untuk menyimpan semua peralatan masak, buku resep, hingga bumbu dapur Anda.

Jangan biarkan ada barang yang tergeletak di atas meja dapur. Manfaatkan setiap sudut lemari dan kabinet dapur untuk menyimpan semua barang tersebut.

Kelompokkan masing-masing tempat penyimpanan berdasarkan fungsi dan jenis barang, sehingga memudahkan Anda dalam menemukan barang yang dibutuhkan.

3. Rak penyimpanan bertingkat

Daripada meletakkan oven dan pemanggang roti berdampingan di atas meja dapur, yang pastinya akan sangat memakan tempat, mengapa tidak menumpuk keduanya? Anda dapat menggunakan rak bertingkat sebagai tempat penyimpanan yang hemat ruang.

Dengan begini, meja dapur Anda tidak akan dipenuhi oleh semua peralatan elektronik. Meja dapur Anda pun akan lebih mudah dibersihkan.

4. Pegboard untuk penyimpanan dinding

Bagi Anda yang memiliki dapur berukuran kecil, maksimalkan setiap area yang ada untuk menyimpan perlengkapan dapur. Solusi menarik yang dapat Anda gunakan adalah pegboard. Alih-alih meletakkan semua peralatan memasak seperti aneka jenis pisau, papan pemotong, sendok kayu, bumbu dapur, dan minyak goreng di atas meja dapur, Anda dapat menggantungnya di pegboard.

Hasilnya adalah meja dapur bersih dan rapi. Ekstranya lagi, dapur Anda memiliki dekorasi yang unik dari kreasi penataan barang yang digantung di pegboard.

5. Tempat penyimpanan yang cantik

Tempat penyimpanan yang cantik memiliki fungsi ganda di dapur Anda, yaitu sebagai tempat penyimpanan sekaligus sebagai dekorasi dapur.  Toples kaca atau mason jar sedang sangat populer belakangan ini.

Anda dapat menggunakannya untuk menyimpan apa saja mulai dari sereal, gula pasir, kacang-kacangan, tepung, dan berbagai produk lainnya.

Material kaca membuatnya terlihat ringan dan juga cantik. Beri label setiap kotak agar tampilan lebih catchy. Agar terlihat rapi, atur semua mason jar sejajar sesuai dengan ukuran dan jenis barang  yang tersimpan di dalamnya.

6. Maksimalkan setiap area untuk penyimpanan

Apakah Anda kehabisan tempat untuk menyimpan berbagai peralatan memasak Anda? Tempat penyimpanan vertikal adalah jawabannya. Anda dapat menggantung semua panci di atas tempat cuci piring, di sisi lemari kabinet dapur,  ataupun di atas meja dapur untuk akses yang lebih mudah.

Anda bahkan dapat meletakkan rak mungil di atas kulkas untuk menyimpan semua bumbu dapur. Satu hal lagi, pakai tempat penyimpanan yang serupa untuk tampilan akhir yang bersih, rapi, dan menawan.

ARSITAG