Erlina Burhan Cerita Kesehariannya di Rumah kala Pandemi Corona

Dokter spesialis paru RSUP Persahabatan Erlina Burhan (Instagram/@erlinaburhan)

profil

Erlina Burhan Cerita Kesehariannya di Rumah kala Pandemi Corona

Rabu, 22 April 2020 07:05 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dokter Erlina Burhan salah satu sosok perempuan yang berjuang merawat pasien positif virus corona baru atau Covid-19. Selain merawat para pasien, ia juga mengemban amanah sebagai juru bicara tim penanganan COVID-19 Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan. 

Di luar pekerjaannya sebagai dokter, ia juga berperan sebagai seorang ibu bagi anak-anaknya. Lalu, seperti apa kesehariannya di tengah pandemi corona?

"Kalau saya di rumah minimal menanyakan hari ini belajar apa saja, jadi tahu perkembangannya. Tentu saya yakin ibu-ibu yang memang full time di rumah ini bisa maksimal mendampingi anak-anaknya belajar di rumah," kata Erlina dalam konferensi pers BNPB di Jakarta, tepat di Hari Kartini, Selasa 21 April 2020.

Erlina bercerita bahwa ia memiliki anak yang sudah kuliah dan dua lagi masih SMA. Mereka semua belajar dari rumah karena pandemi corona. Meski mengaku tak punya banyak waktu, ia bersyukur kedua anak dan keluarganya memahami dan mendukung perjuangannya saat ini.

Di mana pun berada, termasuk di lingkungan rumah, Erlina tetap berbagi langkah-langkah pencegahan Covid-19. "Misalnya kalau ada tukang sayur depan rumah bisa memberikan edukasi bagaimana pencegahannya Covid-19, kemudian juga kepada tetangga bisa melalui WhatsApp Group termasuk juga grup arisan," ujar dokter berusia 56 tahun itu.

Tak lupa di peringatan Hari Kartini, ia mengajak para perempuan Indonesia untuk berperan dalam bidang yang dikuasainya. Baik besar atau kecil, peran itu sangat berarti untuk bangsa di tengah menghadapi pandemi.

Khusus untuk para perempuan tenaga kesehatan, Erlina berpesan agar menjaga kesehatan. Sebab, mereka tidak hanya menghadapi pasien di rumah sakit, tapi juga keluarga di rumah

"Saya mengucapkan selamat kepada para perempuan Indonesia, Anda semua adalah pahlawan di keluarga dan juga pahlawan di tempat masing-masing," kata Erlina Burhan.

EKA WAHYU PRAMITA