Cara Zaskia Adya Mecca Atasi Kejenuhan Suami selama di Rumah Saja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Zaskia Adya Mecca bersama suami, Hanung Bramantyo. Foto ini diunggah pada Minggu, 18 April 2020. Instagram.com/@zaskiadyamecca

Zaskia Adya Mecca bersama suami, Hanung Bramantyo. Foto ini diunggah pada Minggu, 18 April 2020. Instagram.com/@zaskiadyamecca

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Zaskia Adya Mecca kerap berbagi aktivitas dan perasaannya selama di rumah saja untuk cegah penularan virus corona baru atau COVID-19. Kali ini, ia bercerita pengalamannya dan suami, Hanung Bramantyo, selama beraktivitas di rumah sejak pertengahan Maret silam.

Aktris 32 tahun ini mengaku awalnya merasa gelisah beraktivitas di rumah saja."Di awal-awal aku yang selalu gelisah “duh ngapain, duh ga kuat, duh ga betah” lalu @hanungbramantyo “aku enjoy banget loh.. banyak yang bisa dilakuin.. sini km bisa lakuin a-b-c” sampai akhirnya ku nyaman," tulis ibu empat anak ini di Instagram pada Minggu, 19 April 2020.

Tapi kini kondisi berbalik, sutradara kondang itu yang merasakan jenuh. "Lalu pas aku dah enjoy gantian hb yang uring-uringanan “aduhhh aku ngapain lagi, gimana dong, mulai stres nii” ku tenangin “kita bersyukur lagi karantina bisa di rumah yang nyaman, ada makanan bisa sama anak-anak," kisahnya.

Lalu, ia mengajak pria yang menikahinya pada 14 September 2009 itu untuk sama-sama melawan jenuh dengan cara tak mengeluh. Alhasil, Hanung memilih salat untuk bersyukur dan membaca buku untuk menenangkan diri.

Sama seperti orang lain yang berada di rumah saja, Zaskia tak menutupi ada rasa ingin mengerjakan sesuatu di luar rumah. Terlebih lagi, ini tantangan besar bagi orang-orang yang biasa produktif di luar rumah. Oleh karena itu, Zaskia menyadari betul pentingnya saling mengisi dan menguatkan pasangan di masa-masa sulit ini.

Apakah Anda tengah mengalami kondisi seperti Zaskia Adya Mecca? Untuk mengatasi kejenuhan hingga kecemasan suami istri selama di rumah saja, psikolog mengungkapkan pentingnya sentuhan fisik seperti pelukan

"Sebab ketika berpelukan, tubuh kita akan memproduksi hormon-hormon kebahagiaan, dan ini akan menimbulkan perasaan aman dan tentram. Kecemasan akan mereda, dan kita menjadi lebih tenang dalam menghadapi kondisi yang mengkhawatirkan karena pandemi ini," ucap psikolog Anisa Cahya Ningrum kepada Tempo.co, Kamis 2 April 2020.

Selain pelukan, ada lima tips yang dibagikan Anisa untuk redakan kecemasan pasangan

1. Jangan pelit bilang cinta

Utarakanlah kalimat-kalimat positif yang menentramkan dan menyenangkan satu sama lain. Jangan segan-segan mengucapkan “Aku sayang kamu”, “Aku kangen”, “Aku ingin selalu dekat denganmu”. Anda dan suami perlu mendengar kata-kata yang bermakna dicintai dan dibutuhkan.

2. Perhatian sederhana

Pasangan juga akan merasakan kebahagiaan saat mendapatkan perhatian dalam bentuk tindakan yang nyata. Lakukan sesuatu untuk meringankan tugas atau beban dari pasangan. Kadang hanya dengan membantu membuatkan secangkir kopi bisa menentramkan hati pasangan.

3. Waktu spesial

Luangkan waktu yang cukup untuk berinteraksi dengan pasangan. Setiap hari, kita perlu memberikan “ruang khusus” untuk berkomunikasi dengan pasangan secara intim.

4. Melakukan kegiatan bersama

Keharmonisan juga membutuhkan kreativitas. Apalagi di masa pandemi corona ini, di mana Anda dan suami harus tinggal di rumah sepanjang hari. Lakukan aktivitas kreatif yang menyenangkan dan berbeda setiap harinya.

"Cari cara-cara yang unik, agar tidak terasa jenuh dan membosankan. Lakukan brain storming untuk menyusun rencana dalam satu minggu ke depan, apa saja yang akan dilakukan bersama, dan apa yang akan dikerjakan secara pribadi," paparnya.

5. Romantisme

Romantisme kadang juga perlu dibangun dengan memberikan hadiah yang spesifik bagi pasangan. Tidak harus berbentuk barang-barang yang mahal, berikanlah sesuatu yang mungkin sedang dibutuhkan. Hadiah-hadiah kecil kadang menjadi bukti bahwa kita peduli pada kebutuhan pasangan.

SILVY RIANA PUTRI | EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."