Cerita Putri Sofia Bantu Dokter Merawat Pasien COVID-19

Putri Sofia dari Swedia berpose dengan mengenakan pakaian perawat sebelum mulai membantu tim medis menangani pasien virus Corona di rumah sakit Sophiahemmet di Stockholm, Swedia, 17 April 2020. Peta penyebaran COVID-19 hingga 17 April 2020 pagi mencatat, kasus virus Corona di Swedia mencapai 12.540 kasus. REX

profil

Cerita Putri Sofia Bantu Dokter Merawat Pasien COVID-19

Jumat, 17 April 2020 20:05 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Dari waktu ke waktu semakin banyak relawan yang ikut berjibaku mengatasi virus corona baru atau COVID-19. Relawan ini datang dari berbagai kalangan, termasuk anggota kerajaan. Salah satu contohnya adalah Putri Sofia dari Kerajaan Swedia.

Mengutip laman Daily Mail, Putri berusia 35 tahun itu mulai bekerja merawat pasien terinfeksi COVID-19 di rumah sakit Sophiahemmet sejak Kamis, 16 April 2020. Sebelumnya, istri Pangeran Carl Philip ini terlebih dulu mengambil pelatihan medis secara online atau daring selama tiga hari di Sophiahemmet University College di Stockholm. 

Dikabarkan universitas tersebut bisa melatih hingga 80 orang dalam seminggu. Tujuannya untuk membantu tenaga medis di negara tersebut. 

Saat berfoto dengan para tenaga medis, Putri Sofia tampak mengenakan seragam biru dan putih.  Di kantong seragamnya terdapat dua pulpen dan tanda pengenal.

Putri Sofia dari Swedia (tengah) berfoto bersama staf rumah sakit Sophiahemmet di Stockholm, Swedia, 17 April 2020. Sebelumnya, Putri Sofia telah mengikuti kursus keperawatan selama tiga hari di Universitas Sophiahemmet. REX

Rambutnya rapi ke belakang. Riasannya terlihat glowing dan lembut. Ia tampak memakai sepatu kets warna putih yang bersol tebal.

Menurut Direktur Departemen Informasi dan Pers di Royal Court, Margaretha Thorgren, alasan Putri Sofia terjun ke rumah sakit ingin membantu para tenaga kesehatan yang kewalahan melawan pandemi corona.

Melansir laman People, juru bicara Rumah Sakit Sophiahemmet, Pia Hultkrantz, menjelaskan bahwa Sofia dan rekan-rekan relawannya tidak akan menangani pasien secara langsung, tetapi lebih berperan mendukung dokter dan perawat.

"Mereka melakukan disinfeksi peralatan medis, membantu di dapur, dan membersihkan di beberapa area rumah sakit," jelasnya.

Dikabarkan pasien positif COVID-19 di Swedia mencapai 11.927 dan 1203 pasien meninggal. Hingga saat ini belum ada rencana penetapan lockdown atau kondisi darurat ketika masyarakat dicegah memasuki atau meninggalkan sebuah area atau bangunan tertentu selama ancaman berlangsung.

Sebagai informasi, Putri Sofia merupakan mantan model dan bintang reality show. Ia menjadi bagian keluarga Kerajaan Swedia pada 2015. Ia menikah dengan Pangeran Carl Phillip, yang merupakan putra Raja Carl Gustaf. Mereka telah dikaruniai dua anak, Pangeran Alexander dan Pangeran Gabriel.