Resep Pasta Papardelle ala Raisa, Utamakan Intuisi saat Memasak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Raisa unjuk kebolehan memasak hidangan pasta yang menjadi menu favorit suaminya, Hamish Daud. Video ini diunggah pada Rabu, 15 April 2020. Tangkap layar IGTV @raisa6690

Raisa unjuk kebolehan memasak hidangan pasta yang menjadi menu favorit suaminya, Hamish Daud. Video ini diunggah pada Rabu, 15 April 2020. Tangkap layar IGTV @raisa6690

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Penyanyi Raisa diketahui gemar memasak usai melahirkan anak pertamanya, Zalina Raine Wyllie. Selain demi memastikan asupan gizi putrinya, memasak juga kerap dijadikannya sebagai terapi menenangkan diri sebelum konser. 

Tak heran rasanya, memasak juga salah satu aktivitas Raisa selama di rumah saja untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Raisa unjuk kebolehannya saat memasak pasta favorit suami, Hamish Daud, lewat Instagram. 

"Pengen bikin konten musik tapi kok jadinya masak. Gapapa ya! ini pasta kesukaannya @hamishdw, pakai semua pantry staple alias agak curang dikit pakai jalan pintas tapi dijamin enak dan cepet banget. Karena resepnya juga ngarang ikutin selera lidahku aja, jangan di-judge ya! Kamu buat aja sesuai selera kamu juga oke! Boleh dicoba sambil #dirumahaja," tulis Raisa dalam unggahan video IGTV pada Rabu, 15 April 2020.

Ia tampak mengenakan guan midi navy motif bunga-bunga dilengkapi apron warna hitam. Sementara riasannya tampak natural, rambut panjang hitamnya tentu diikat untuk menjaga kebersihan selama memasak.

Penyanyi 29 tahun ini menamai masakannya dengan Pasta Curang. "Kenapa curang karena semua bahannya aku pakai instan, mulai dari pasta dan saus tomat kalengan, pakai dagingnya dari sosis," ucapnya.

Penasaran seperti apa pasta ala Raisa? Berikut resep dan cara membuatnya yang bisa dicoba untuk hidangan keluarga tercinta.

Bahan:

- Pasta instan jenis pappardelle 

- Sosis Jerman (sudah diberi bumbu)

Bahan saus:

- Anchovy kaleng

- Saus tomat kaleng

- Bubuk smoked paprika

- Pasta tomat

- Gula merah

- Rempah Italia

Bumbu:

- Bawang putih digeprek, lalu dipotong.

- Bawang bombay diiris. Raisa tak menyebut pasti jumlanya, ia lebih menggunakan intuisi memasak seperti ibu-ibu lainnya.

Cara membuat:

1. Tuang minyak untuk menumis.

2. Masukkan bawang bombay sampai layu.

3. Siapkan air dengan garam untuk masak pasta.

4. Masukan anchovy kalengan. "Rasanya memang terasa amis, tapi di pasta akan menimbulkan rasa gurih asin," jelas Raisa.

5. Masukkan sosis yang dipotong-potong dengan tangan versi Raisa.  

6. Kemudian masukkan saus tomat yang diperas pakai tangan.

7. Lalu, tambahkan bubuk smoked paprika untuk mendapatkan cita rasa asap hidangan Italia.

8. Masukkan pasta tomat dan uniknya dia menambahkan gula merah

"Jadi biar rasanya nggak flat ada manisnya dan karena ini resep aku jadi sesuai keinginan aku," ucap pelantun Kali Kedua ini.

9. Masukkan rempah Italia. Kadang ia memasukkan basil atau ketumbar.

10. Tuang pasta yang dimasak Al Dente (matang tapi masih punya tekstur keras) ke dalam saus pasta. Aduk sampai kuah meresap ke pasta.

11. Taburkan topping atau pugasan keju parmesan parut di atas pasta. "Kalau aku sih sukanya yang dicampur, tapi kalau Hamish suka ditabur di atasnya," tandas Raisa.

Tertarik mencoba?

EKA WAHYU PRAMITA | ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."