5 Trik Merebus Pasta Agar Tidak Lembek, Salah Satunya Pakai Wajan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi merebus pasta. Getnowapp.com

Ilustrasi merebus pasta. Getnowapp.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pasta salah satu jenis karbohidrat pengganti nasi yang banyak digemari masyarakat. Makanan tradisional khas Italia ini memiliki beragam varian dari spageti, makaroni, fusili, hingga fettucini. Bahkan dikabarkan, pasta memiliki berbagai bentuk hingga 600 jenis.

Sejarah pasta sendiri masih belum jelas. Salah satu teori populer mengisahkan bahwa orang-orang Timur Tengah membawa pasta ke Italia bersama dengan bayam, terung, dan tebu dari lembah Mediterania pada abad ke-9. Di Italia, akhirnya resep pasta dikembangkan dan ditemukan cara mengeringkan pasta agar lebih awet pada abad ke-12. Selain itu, setiap 25 Oktober diperingati sebagai Hari Pasta Sedunia.

Dari kilasan singkat soal sejarah pasta, ada kesalahan merebus pasta yang kerap dialami para pemula, yaitu terlalu lembek sehingga benyek dan tidak lezat saat dimakan. Untuk merebus pasta dengan sempurna, atau dalam bahasa Italia disebut al dente, diperlukan beberapa trik. Pasta tidak boleh terlalu keras atau malah terlalu empuk.

Seperti dilansir dari laman Daily Mail, berikut sejumlah trik memasak pasta dengan sempurna layaknya orang Italia.

1. Gunakan wajan
Lain kali jika memasak pasta, singkirkan panci dan ganti dengan wajan datar. Menggunakan panci berarti harus menunggu air mendidih dengan lama. Sebaliknya, dengan wajan Anda tidak perlu menunggu lama untuk merebus air dan pasta. Penulis buku The Keys to Good Cooking, Harold McGee menjelaskan bahwa dengan wajan dapat menghemat waktu, energi, dan air untuk memasak pasta. Selain itu, menggunakan wajan juga dapat menghindari pasta yang terlalu lama direbus karena jumlah air yang dimasukkan lebih terbatas.

2. Beri garam pada air
Salah satu trik untuk mendapatkan pasta yang gurih dan lezat adalah menambahkan garam ke dalam air rebusan. Setelah memasukkan pasta ke dalam air, beri setidaknya satu sendok makan garam agar pasta tidak hambar.

3. Masukkan pasta dalam air mendidih
Ini adalah trik yang kerap dianggap remeh ketika memasak pasta. Terkadang, kita mencampurkan air dan pasta secara berbarengan, lalu direbus. Temperatur air yang dingin ketika bercampur dengan pasta akan menghasilkan pasta lembek dan basah. Sebaliknya, memasukkan pasta ke dalam air mendidih yang benar-benar panas akan menghasilkan pasta yang al dente.

4. Cemplung dan aduk
Setelah memasukkan pasta ke dalam air mendidih, segera aduk-aduk pasta untuk mencegah saling menempel satu sama lain.

5. Jangan dikeringkan
Tiriskan pasta sebentar untuk membuang sebagian air rebusannya. Namun, penting untuk diingat bahwa pasta tidak boleh benar-benar kering. Jangan terlalu lama ditiriskan, sehingga semua kadar airnya hilang. Ini akan menyebabkan pasta menjadi alot dan saling menempel.

YAYUK WIDIYARTI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."