Ciri-ciri Terkena COVID-19 yang Dialami Andrea Dian hingga Pink

Andrea Dian kini dirawat di sebuah kamar bersama lima pasien Corona lainnya dengan kondisi yang berbeda. Artis yang gemar berolahraga itu kini dalam keadaan sehat tanpa keluhan. instagram.com/andreadianbimo

kesehatan

Ciri-ciri Terkena COVID-19 yang Dialami Andrea Dian hingga Pink

Rabu, 15 April 2020 20:45 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Penularan virus corona baru atau COVID-19 tak pandang bulu. Kalangan selebriti pun bisa terinfeksi COVID-19. Para ahli mengemukakan bahwa gejala infeksi COVID-19 mirip dengan flu, penyakit pernapasan ringan hingga berat, demam, batuk, dan sesak napas. 

Sejumlah selebriti yang dinyatakan telah sembuh dari COVID-19 mengalami sejumlah ciri-ciri terkena COVID-19. Contohnya, aktris Andrea Dian yang awalnya didiagnosis demam berdarah. Lalu, Rita Wilson, istri Tom Hanks, yang mengalami demam serta kehilangan indera perasa dan penciuman. Atau penyanyi Pink mengalami kondisi asma yang parah.

Mari, sama-sama kita ketahui apa yang dirasakan para pesohor yang telah sembuh dari infeksi COVID-19 dihimpun dari berbagai sumber

1. Rita Wilson

Aktor Tom Hanks (kiri) berfoto bersama istrinya Rita Wilson dengan ponselnya saat tiba di ajang Screen Actors Guild Awards 2014 di Los Angeles, California (18/1). REUTERS/Lucy Nicholson

Rita Wilson dan Tom Hanks umumkan terinfeksi COVID-19 lewat Instagram pada 11 Maret 2020 di Australia. Diketahui pasangan ini telah kembali ke Los Angeles, Amerika Serikat, sejak akhir Maret 2020 dan tetap menjalani karantina mandiri di rumah, meski sudah pulih.

Rita pun berbagi gejala COVID-19 yang dirasakannya lewat wawancara online atau daring. "Aku sangat lelah dan merasa sangat sakit. Tidak nyaman, tidak ingin disentuh, kemudian mulai demam. Menggigil seperti yang belum pernah aku alami sebelumnya. Aku juga menyadari telah kehilangan indera perasa dan penciuman, yang tidak aku sadari pada saat itu," ucap perempuan 63 tahun itu seperti dikutip dari laman People, 25 Maret 2020.

Lalu, ia merasakan demamnya meningkat di hari kesembilan. Dokter memberinya chloroquine, obat imunosupresif yang biasa digunakan untuk mengobati malaria.

"Saya tahu orang-orang telah membicarakan obat ini, tetapi saya hanya bisa memberi tahu Anda bahwa saya tidak tahu apakah obat itu bekerja atau itu hanya membuat saya istirahat," ucap Rita Wilson.

Menurutnya, demam berkurang, tapi muncul efek samping seperti mual dan vertigo. "Saya tidak bisa berjalan dan otot saya terasa sangat lemah. Saya pikir orang harus sangat mempertimbangkan obat itu," imbuhnya.

2. Andrea Dian

Dalam unggahan tersebut, Andrea bercerita kronologi saat akhirnya ia dinyatakan positif Corona. Istri presenter Ganindra Bimo itu awalnya mengalami demam pada 13 Maret dan dinyatakan mengidap demam berdarah. Setelah mulai merasa fit dan merasa khawatir, ia melakukan cek thorax dan influenza pada 15 Maret. Dari kedua tes tersebut hasilnya bagus, namun saat scan paru-paru, terdapat flek di kanan dan kiri paru-paru Andrea. instagram.com/andreadianbimo

Aktris dan model Andrea Dian mengumumkan dirinya positif terkena COVID-19 pada 22 Maret 2020. Awalnya ia mengalami demam pada 13 Maret 2020 dan langsung menjalani perawatan. Istri Ganindra Bimo ini didiagnois demam berdarah.

"Tanggal 15 aku udah mulai fit. Tapi karena khawatir aku diminta untuk cek thorax. Hasilnya bagus. Cek influenza, hasilnya negatif. Dan waktu scan paru, ada flek di kanan dan kiri. Karena ada flek maka besoknya tanggal 16 Maret aku cek swab untuk tes apakah aku terinfeksi virus Covid-19 apa tidak. Baru tanggal 18 Maret dikasih kabar aku positif Covid-19," jelasnya.

Usai menjalani perawatan hampir tiga minggu di Rumah Sakit Darurat Atlet Kemayoran, Jakarta, ia dinyatakan sembuh pada 5 April 2020.

"Untuk teman-teman yang masih berjuang melawan Covid-19, coba lebih ikhlas untuk ngejalanin, lebih positif, lebih kayak coba buat semua happy meski itu susah," ujar Andrea di saluran YouTube-nya pada 11 April 2020.