Andrea Dian Pesan Jangan Asal Minum Obat untuk Tangkal Corona

Andrea Dian kini dirawat di sebuah kamar bersama lima pasien Corona lainnya dengan kondisi yang berbeda. Artis yang gemar berolahraga itu kini dalam keadaan sehat tanpa keluhan. instagram.com/andreadianbimo

kesehatan

Andrea Dian Pesan Jangan Asal Minum Obat untuk Tangkal Corona

Minggu, 5 April 2020 06:00 WIB
Reporter : Bisnis.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Andrea Dian dinyatakan positif corona pada 18 Maret 2020. Kini ia masih dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta. Kondisinya terus membaik dan bisa kembali ke rumah dalam waktu dekat.

Berkaca dari hasil sementara dari rapid test atau tes cepat, ia dinyatakan negatif corona atau sudah sembuh. Namun istri Ganindra Bimo ini harus menunggu hasil tes kedua untuk memastikan virus corona benar-benar hilang dari tubuhnya. Tes kedua sudah dijalani pada Sabtu, 4 April 2020. 

Selain bercerita soal hasil tes, ia juga menjawab pertanyaan warganet soal obat yang dikonsumsi selama dirawat lewat unggahan Instagram Stories-nya pada Sabtu, 4 April 2020. Menurut aktris 34 tahun itu, obat yang dikonsumsinya multivitamin dan vitamin C.

Selain itu, ada empat jenis obat medis yang diberikan, salah satunya chloroquine, yang disebut banyak digunakan di Cina untuk mengobati virus corona.

Hasilnya, obat itu tidak bekerja baik pada tubuhnya. Bahkan, ia mengalami efek yang cukup menyeramkan. Mulai dari mual, pusing, jantung berdebar, lemas seperti hendak pingsan, napas pendek, hingga tangannya tremor. Sehingga tim dokter memutuskan untuk menghentikan pemberian obat tersebut.

Ia juga berpesan agar jangan sekali-kali minum obat ini tanpa anjuran dokter karena efeknya bisa berbahaya. "Tidak semua orang cocok," imbuhnya. 

Andrea mengisahkan pemberian infus dan ventilator hanya diberikan pada pasien tertentu yang membutuhkan. Ventilator hanya diberikan pada pasien yang memiliki gejala sesak napas karena penyakit bawaan. Bagi mereka yang tidak memiliki gejala dapat bernapas seperti biasa.

Selain obat-obatan, makanan sehat tiga kali sehari juga rutin diberikan kepadanya. Ia diharuskan minum air putih minimal dua liter sehari.

"Selama perawatan aku dapat makanan seimbang, terdiri dari lauk seperti ikan atau daging, tahu tempe, sayur, susu, dan buah," tukas Andrea.

Ia tetap menjalankan hobi olahraganya selama di rumah sakit, seperti layaknya ketika dia berada di rumah. 

Terkait biaya pengobatan selama perawatan, ia mengaku belum mengetahuinya, dan berjanji akan menjelaskannya sepulang dari rumah sakit.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan jika biaya pasien terinfeksi virus corona akan ditanggung pemerintah, karena kondisi ini merupakan pandemi global.

Semoga Andrea Dian lekas pulih dan bisa berkumpul dengan keluarga. Mari kita doakan kesembuhan Andrea dan pasien positif virus corona lainnya.