Cegah Kedaluwarsa, Kenali Batas Waktu Pemakaian Kosmetik

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi makeup kedaluwarsa. shutterstock.com

Ilustrasi makeup kedaluwarsa. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama di rumah saja, kamu punya waktu lebih banyak untuk memilah-milih kosmetik di meja rias atau laci Anda. Siapa tahu ada yang sudah lewat masa pakainya, misalnya lipstik yang dibeli saat travelling empat tahun lalu masih disimpan karena warnanya klop engan kepribadian Anda. Atau bisa jadi ada beauty blender lama yang tersembunyi di balik tumpukan perona pipi dan eye shadow.

Mengutip laman Real Simple, Rabu, 8 April 2020, menurut penelitian di Inggris ditemukan bahwa 90 persen produk kecantikan, terutama beauty blender berpotensi menyimpan sejumlah bakteri, termasuk E.coli dan Staphylococci. Paparan bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi kulit dan paling buruk keracunan darah, jika tidak dijaga kebersihannya terlebih sudah kedaluwarsa.

Oleh karena itu, penting sekali mengetahui kapan produk kecantikan Anda kedaluwarsa atau sudah lewat masa pakainya. Bila di keterangan tanggal di produk memudar terlihat setelah beberapa waktu atau malah tidak ada, jangan khawatir berikut tipsnya.

Berikut batas waktu pemakaian kosmetik terhitung sejak produk dibuka, semoga membantu, ya

1. Concealer: satu tahun

2. Cream blush on: satu tahun

3. Eyeliner: tiga bulan

4. Pensil eyeliner: dua tahun

5. Eyeshadow: satu tahun

6. Foundation: satu tahun

7. Lip balm: satu hingga lima tahun

8. Lip gloss: satu tahun

9. Lipstik: dua tahun

10. Liquid eyeliner: tiga bulan

11. Maskara: tiga bulan

12. Cat kuku: satu tahun

13. Bedak tabur: dua tahun

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."