5 Cara Cegah Cabin Fever yang Bisa Muncul selama di Rumah Saja

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi memasak. Unsplash.com/Jason Briscoe

Ilustrasi memasak. Unsplash.com/Jason Briscoe

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Selama di rumah saja untuk mencegah penularan virus corona baru atau COVID-19, kita harus antisipasi gangguan kesehatan akibat terlalu lama terisolasi di dalam rumah ataupun tempat tertentu. 

Para ahli percaya bahwa masyarakat harus lebih waspada terhadap cabin fever. Sebab, tanpa penanganan yang tepat, gejala cabin fever akan sulit dikontrol. Gejala cabin fever tidak hanya sekadar merasa bosan. Ada beberapa gejala lainnya yang lebih serius dari itu.

Misalnya kegelisahan, turunnya motivasi, mudah tersinggung, mudah putus asa, sulit berkonsentrasi, pola tidur tidak teratur, sulit bangun dari tidur, lemah lesu, sulit percaya pada orang di sekitar, tidak sabaran, merasa sedih dan depresi untuk waktu yang lama. Lalu bagaimana cara menangkalnya?

Berikut sejumlah tips mencegah cabin fever yang layak dicoba

1. Membawa “dunia luar” ke dalam rumah

Kalaupun Anda tidak bisa bepergian ke luar rumah, terdapat beberapa cara untuk membawa “dunia luar” ke dalam rumah, seperti membuka jendela untuk menghirup udara luar, memberi makan hewan di luar rumah, seperti burung, kucing, atau anjing liar yang suka “mampir” ke halaman rumah, menanam bunga yang bisa membawa wangi “dunia luar” ke dalam rumah atau bercocok tanam di dalam rumah. 

2. Buatlah rutinitas

Buatlah rutinitas yang bisa menjaga jadwal sehari-hari Anda. Misalnya, tetaplah bangun atau mandi di pagi hari, supaya tubuh dan pikiran tetap terjaga.

Kemudian, bekerjalah di depan laptop, layaknya Anda sedang berada di kantor. Tapi ingat, ingatlah jam istirahat. Jangan malah bekerja dari rumah membuat Anda lupa dengan jam istirahat.

3. Olahraga

Olahraga adalah salah satu cara paling ampuh dalam mencegah cabin fever. Tidak heran, berolahraga memang bisa membantu tubuh melepas hormon endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati.

Ada banyak jenis olahraga yang bisa dilakukan di rumah selama masa pandemi corona, seperti push upplank, hingga squat jump.

4. Menjaga komunikasi

Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) menegaskan pentingnya komunikasi di tengah masa pandemi corona. Dengan adanya internet dan teknologi, Anda tetap bisa bertatap muka dan ngobrol selama yang Anda inginkan, dengan kekasih, sahabat, ataupun keluarga di luar kota.

Jangan remehkan kekuatan komunikasi di tengah masa darurat virus corona. Sebab, tetap menjaga silaturahmi di tengah kecemasan ini, bisa membuat Anda merasa tidak sendirian. Berbicara dengan teman juga dianggap sebagai cara ampuh untuk mencari solusi dari segala masalah yang Anda hadapi.

5. Ekspresikan sisi kreatif

Ekspresikan segala sisi kreatif yang Anda punya, entah itu membuat lagu, melukis, ataupun hanya memasak resep terbaru yang selama ini Anda idam-idamkan. Menjaga otak tetap “sibuk”, bisa melawan rasa bosan dan kegelisahan akibat cabin fever yang mungkin Anda rasakan selama berdiam diri di rumah.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."