Kelewat GeEr Bisa Memicu Erotomania, Apa Itu?

ilustrasi cinta valentine (pixabay.com)

kesehatan

Kelewat GeEr Bisa Memicu Erotomania, Apa Itu?

Minggu, 5 April 2020 17:56 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Kalau ada cowok yang memberikan perhatian lebih kepadamu, jangan lantas GeEr alias gede rasa. Pastikan dulu apa maksud dari perhatian yang dia berikan dan kenapa perlakuannya kepadamu berbeda dari sikapnya kepada temanmu yang lain.

Kalau menelan mentah-mentah perhatian berlebihnya kepadamu bahkan sampai berpikir dia menyukaimu, jangan sampai nanti kamu terkena erotomania. Mengutip laman Sehatq, erotomania adalah delusi saat seseorang menyakini orang lain mencintainya.

Penderita erotomania meyakini ada orang yang sedang jatuh cinta kepadanya. Sindrom erotomania merupakan kondisi yang bisa terjadi pada pria maupun wanita, secara tiba-tiba atau dalam periode yang cukup lama.

Erotomania disebut juga dengan sindrom De Clerambault atau De Clerambault’s syndrome. Istilah ini berasal dari nama psikiater Prancis yang pertama kali mendeskripsikannya, yakni Gaëtan Henri Alfred Edouard Léon Marie Gatian de Clérambault (1872-1934).

Ilustrasi wanita tertarik kepada pria. Shutterstock

Dari luar, mereka yang mengalami erotomania akan tampak seperti orang yang sedang kasmaran. Beberapa perilaku yang muncul antara lain:

  • Terus membicarakan orang yang diyakini mencintainya

  • Terobsesi menemui objek cintanya

  • Berusaha berkomunikasi dengan objek cintanya

  • Mengatakan ada orang lain yang mengikuti atau menelusuri jejaknya di media sosial, padahal kenyataannya tidak

  • Tidak bersemangat beraktivitas selain membicarakan orang yang ia yakini mencintainya

Kondisi erotomania yang terjadi pada seseorang dapat berdiri sendiri atau berkaitan dengan gangguan kejiwaan lain, seperti Skizofrenia, Skizoafektif, Gangguan depresi mayor, Bipolar, Alzheimer, dan lainnya.

Penanganan sindrom delusional erotomania mesti ditangani oleh ahli. Diperlukan konseling dan psikoterapi, serta obat-obatan antipsikotik, terlebih jika erotomania merupakan akibat dari gangguan kejiwaan lain.

Salah satu kasus erotomania terjadi pada Robert Hoskins. Pria ini terobsesi dengan Madonna dan menganggap Madonna mencintainya, sehingga harus menjadi istrinya. Lantaran sampai mengancam, Robert Hoskins dipenjara selama 10 tahun. Sebelum waktunya bebas, Robert Hoskins didiagnosis mengalami gangguan mental dan dimasukkan ke fasilitas kesehatan mental.

SEHATQ