Manfaat Zumba bagi Tubuh Seperti yang Dilakukan Andrea Dian, Bakar 300-an Kalori

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Ecka Pramita

google-image
Andrea Dian/Foto: Instagram/Andrea Dian

Andrea Dian/Foto: Instagram/Andrea Dian

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Sebelum menemukan yang tepat, tentu saja banyak orang mencoba beragam  jenis olahraga. Salah satunya aktris dan healthy influencer Andrea Dian yang juga memiliki pengalaman serupa. Hal tersebut ia katakan dalam acara talkshow bertajuk Tips Jennifer Bachdim dan Andrea Dian: Pemula Jangan Olahraga Setiap hari, 23 Agustus 2023 di Jakarta. 

Andrea membagikan pengalaman olahraga mereka dan perubahan dalam preferensi olahraga selama bertahun-tahun. Termasuk berbagi pengalaman tentang kesalahan yang Andrea  buat selama olahraga, seperti cedera atau melakukan olahraga yang tidak sesuai dengan mereka. 

"Aku sudah coba banyak olahraga atau dalam seminggu tuh bisa beda-beda gitu. Nah
paling cocok buat aku rutin bisa tiga kali seminggu, lalu yang 2 hari itu seringnya latihan zumba," ucap pemeran dalam film Mencari Raden Saleh ini. 

Andrea menekankan pentingnya memulai olahraga dengan benar, menjaga pola makan yang seimbang, dan memberikan penekanan pada istirahat dan pemulihan setelah berolahraga.

Berbicara mengenai zumba, Dokter Melinda Ratini seperti yang dilansir dari laman Web MD mengatakan jika zumba adalah salah satu olahraga kebugaran paling menyenangkan dan serbaguna yang pernah ada sejak lama. Kelas dapat disesuaikan untuk tingkat kebugaran apa pun. Meskipun sebagian besar Zumba melibatkan gerakan berdampak tinggi seperti memantul dan melompat, gerakan ini dapat dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan exercise Anda.

"Berolahraga hingga berkeringat di kelas 60 menit membakar rata-rata 369 kalori -- lebih banyak daripada cardio kickboxing atau step aerobik. Anda akan mendapatkan latihan kardio hebat yang melelehkan lemak, memperkuat inti tubuh, dan meningkatkan fleksibilitas," ucap Dokter Melinda. 

Jika Anda menginginkan program latihan kekuatan secara keseluruhan, carilah kelas Zumba yang menggabungkan beberapa beban ringan untuk tubuh bagian atas Anda. Anda dapat memulai secara perlahan jika diperlukan, atau Anda dapat menari sepenuh hati jika kondisi Anda sangat baik. Jika Anda hanya suka menggerakkan tubuh mengikuti musik, maka Zumba cocok untuk Anda.

Bicaralah dengan dokter Anda sebelum mengikuti kelas jika Anda tidak aktif, memiliki masalah kesehatan, atau mengonsumsi obat apa pun, hanya untuk memastikan Zumba tepat untuk Anda. Dan bicarakan dengan instruktur sebelum kelas tentang tingkat kebugaran Anda dan kondisi kesehatan apa pun yang Anda miliki sehingga mereka dapat menyarankan modifikasi.

Jika Anda menderita diabetes, Zumba adalah cara yang bagus untuk menurunkan berat badan dan membentuk otot. Gula darah Anda akan turun seiring dengan meningkatnya tingkat energi Anda. Tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apakah Anda perlu mengubah rencana pengobatan diabetes Anda.

Selain menurunkan berat badan, Zumba dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung, menurunkan tekanan darah dan kolesterol jahat, serta meningkatkan kolesterol baik. Jika Anda menderita penyakit jantung, dokter Anda mungkin menyarankan untuk memulai kembali kebugaran melalui program rehabilitasi jantung daripada langsung mengikuti kelas Zumba.

Pilihan Editor:

Andrea Dian Idap Autoimun dan Positif Corona, Apa Penanganannya?

IVANA FELYSITASWATI PALLA | WEBMD 

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."