10 Makanan Ini Perkuat Imunitas untuk Cegah Virus Corona

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Brokoli. TEMPO/ Budi Yanto

Brokoli. TEMPO/ Budi Yanto

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Salah satu cara pencegahan virus corona atau COVID-19 yang selalu disebut para ahli dengan mengonsumsi asupan gizi untuk memperkuat kekebalan tubuh atau imunitas. Dokter spesialis penyakit dalam dari RSCM, Iris rengganis, mengatakan saat daya tahan tubuh melemah maka bakteri dan virus, termasuk COVID-19, rentan masuk ke tubuh. Menurutnya, menerapkan pola hidup sehat, antara lain beristirahat yang cukup, minum cukup air putih, bisa menjaga sistem kekebalan tubuh.

Apa saja rekomendasi makanan untuk memperkuat imunitas? Berikut sejumlah makanan bergizi di antaranya mengutip laman Healthline

1. Buah-buah sitrus

Buah-buahan seperti jeruk, anggur, lemon mengandung vitamin C yang bisa membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Vitamin C  bisa meningkatkan produksi sel darah putih yang dapat menjadi kunci melawan infeksi.

2. Paprika merah

Tak hanya buah-buah sitrus, sayuran seperti paprika merah juga mengandung vitamin C, ditambah betakaroten. Selain untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, vitamin C dan beta karoten juga bagus untuk kulit.

3. Brokoli

Brokoli dipenuhi vitamin, seperti A, C, dan E, mineral, antioksidan, dan serat. Untuk menjaga nutrisi tetap terjaga, sebaiknya masaklah brokoli dengan baik.

4. Bayam

Bayam kaya vitamin C, antioksidan, dan betakaroten, yang dapat meningkatkan kemampuan melawan infeksi yang menyerang sistem kekebalan tubuh. Mirip dengan brokoli, bayam adalah yang paling sehat jika dimasak sehingga bisa mempertahankan nutrisi.

5. Bawang putih

Bawang putih, selain bisa membantu melawan infeksi, juga bisa menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pembuluh. Salah satu bumbu yang banyak digunakan di masakan Indonesia itu juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh karena konsentrasi tinggi allicin.

6. Jahe

Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, sakit tenggorokan, dan radang lainnya, serta mengurangi mual. Salah satu bumbu dapur yang populer di Indonesia itu juga bisa membantu mengurangi rasa sakit kronis dan berpotensi memiliki sifat penurun kolesterol.

7. Yoghurt

Yoghurt merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan penyakit. Cobalah yoghurt tawar daripada yang mengandung gula. Anda bisa memaniskan yoghurt tawar dengan buah-buahan sehat dan madu. Yoghurt juga sumber vitamin D, yang membantu mengatur sistem kekebalan tubuh dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh terhadap penyakit.

8. Kacang almond

Untuk mencegah dan melawan pilek, vitamin E juga kunci menjaga sistem kekebalan tubuh yang sehat. Vitamin ini larut dalam lemak sehingga membutuhkan kehadiran lemak untuk diserap dengan benar. Kacang-kacangan, seperti almond kaya vitamin dan juga memiliki lemak sehat. Setengah mangkuk atau sekitar 46 butir almond utuh menyediakan hampir 100 persen jumlah vitamin E harian yang disarankan.

9. Kunyit

Bumbu dapur berwarna kuning ini telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti-inflamasi atau antiperadangan dalam mengobati osteoartritis dan artritis reumatoid. Konsentrasi tinggi curcumin, yang memberikan kunyit warna khasnya, dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

10. Teh hijau

Teh hijau dan hitam mengandung flavonoid atau sejenis antioksidan. Teh hijau mengandung antioksidan, yakni EGCG yang lebih kuat, untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Teh hijau juga sumber asam amino L-theanine, yang dapat membantu produksi senyawa pelawan kuman di sel T.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."