5 Resep Ini Bisa Dimasak Pakai Rice Cooker, Tertarik Mencoba?

Ilustrasi omelet (Pixabay.com)

ragam

5 Resep Ini Bisa Dimasak Pakai Rice Cooker, Tertarik Mencoba?

Selasa, 31 Maret 2020 15:30 WIB
Reporter : Antara Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Selain menggunakan kompor, Anda bisa mencoba alternatif memasak dengan rice cooker atau penanak nasi. Cara ini lazim dikenal bagi anak kos-kosan. Namun tak ada salahnya juga kita sebagai ibu rumah tangga mengetahui masakan apa saja yang bisa dibuat di penanak nasi, jika kompor mendadak rusak. 

Berikut lima resep yang bisa dimasak menggunakan penanak nasi

1. Omelet

Telur mata sapi hingga omelet dapat dimasak dengan mudah dengan penanak nasi. Panaskan mentega atau minyak di penanak nasi yang telah panas, lalu masak telur sesuai selera.

2. Makaroni dan keju

Masakan praktis ini hanya membutuhkan makaroni yang sudah direbus dengan kaldu ayam dan sedikit garam, tambahkan susu dan parutan keju.

3. Sup ayam

Siapkan bumbu-bumbu dan sayuran yang sudah dipotong-potong. Nyalakan penanak nasi dan tuang sedikit minyak. Masukkan bumbu, air, ayam, dan sayuran yang Anda pilih, tunggu hingga sup matang.

4. Bubur Manado

Hidangan yang juga disebut tinutuan ini bisa dibuat dengan penanak nasi. Siapkan bahan bubur Manado yaitu beras, potongan jagung, labu kuning, kemangi, kangkung, daun bawang, serai dan daun salam.

Pertama, masukkan beras dan sayuran serta air ke dalam penanak nasi, masak hingga berasnya menjadi setengah bubur. Kemudian tumis bawang putih dengan lada dan bumbu kaldu, masukkan ke dalam bubur setengah matang. Masak hingga matang, tambahkan dengan ikan asin dan sambal sebagai pelengkap.

5. Nasi + ayam bumbu

Penanak nasi juga bisa dimanfaatkan untuk membuat resep viral dari Jepang, memasak nasi dengan daging ayam KFC. Anda bisa menggantinya dengan daging ayam dari tempat lain, selama ayam itu berbumbu.

Siapkan beras dan air seperti biasa, lalu masukkan ayam di dalam penanak nasi berbarengan dengan beras. Tunggu hingga matang. Bila ingin lebih gurih, tambahkan kecap asin dan kaldu ayam serta bawang putih sebelum menyalakan penanak nasi.

Ketika nasi matang, suwir daging ayam dan campurlah dengan nasi yang sudah berbumbu.