Perhatikan Cara Membuka, Melepas, dan Mencuci Masker Kain

Hong Nhung Strnadova menjahit sisa bahan pakaian untuk membuat masker wajah di apartemennya sebagai perlindungan dari penyakit coronavirus baru (COVID-19) di Praha, Republik Ceko, 17 Maret 2020. REUTERS/David W Cerny

kesehatan

Perhatikan Cara Membuka, Melepas, dan Mencuci Masker Kain

Selasa, 31 Maret 2020 13:31 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Kesadaran masyarakat mulai meningkat untuk menggunakan masker kain dibandingkan membeli masker medis di tengah pandemi corona baru atau COVID-19. Sebab masker medis itu menjadi salah satu Alat Pelindung Diri atau APD tenaga kesehatan dalam menangani pasien termasuk orang yang terpapar COVID-19.

Lalu, timbul pertanyaan seberapa efektif masker kain melindungi orang yang sehat di tengah pandemi corona?

Melansir laman Live Science, Selasa, 31 Maret 2020, Anna Davies peneliti dari Universitas Cambridge, Inggris mengungkapkan fungsi pemakaian masker kain hanya menawarkan perlindungan terbatas. "Jadi seharusnya tidak dianggap sebagai perlindungan yang memadai," kata Davies.

Jika tidak ada pilihan, selain menggunakan masker kain sebagai pelindung diri saat Anda keluar rumah di masa darurat bencana ini, Davies menekankan sejumlah instruksi pemakaian.

1. Pakai masker yang tepat

Davies mengingatkan untuk selalu memakai masker wajah Anda sama dengan masker medis yaitu ada dua sisi yang pertama menghadap ke luar (sisi yang terkontaminasi) dan yang kedua menghadap ke dalam. Warna berbeda penting agar bisa mengetahui sisi dalam dan luar.

2. Sekali pakai dicuci

Davies menyarankan masker kain harus dicuci dengan tangan untuk menghilangkan sisa partikel flu, yang mungkin mencemari bagian luar masker. Jangan lupa, rendam terlebih dahulu dengan air hangat dan sabun sebelum dicuci.

3. Cara melepas yang benar

Lepaskan masker Anda dengan mengambil tali dari bagian belakang kepala Anda dan tarik ke depan, jangan menyentuh bagian bahan topeng. Kemudian segera mencuci tangan dengan sabun dan air sebelum dan sesudah Anda menyentuh masker.

"Cara terbaik untuk melindungi diri sendiri, jika Anda memiliki pilihan, adalah tinggal di rumah. Meskipun demikian, jika Anda harus keluar, jika Anda memiliki masker kain sebaiknya menggunakan sesuai dengan instruksi di atas," tutur Davies.

EKA WAHYU PRAMITA