Chef Degan Bagi Tips Memasak untuk yang Isolasi Diri di Rumah

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Chef Degan atau Degan Septoadji. Instagram

Chef Degan atau Degan Septoadji. Instagram

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Bagi Anda yang tengah menjalani isolasi diri di rumah karena diduga terinfeksi virus corona baru atau COVID-19 ada sejumlah aturan yang diikuti. Salah satunya jenis asupan yang mendukung pemulihan Anda seperti sedia kala.

Chef Degan Septoadji menyarankan untuk menghindari memasak dengan digoreng. "Kalau bisa kurangi konsumsi makanan yang digoreng, karena masakan yang dimasak dengan cara digoreng merusak kandungan nutrisi di dalamnya," kata Chef Degan Septoadji di Graha BNPB, Jakarta, Sabtu, 28 Maret 2020 . 

Juri Masterchef Indonesia itu menganjurkan konsumsi makanan yang dimasak dengan cara dikukus atau dipanggang. "Dua metode memasak tersebut dinilai sehat," tuturnya.

Pastikan juga makanan itu bergizi lengkap seperti mengandung cukup serat, karbohidrat untuk tenaga dan juga unsur protein mengingat hal-hal tersebut yang dibutuhkan oleh tubuh.

Selain itu mereka yang sedang melakukan isolasi diri dianjurkan banyak mengonsumsi air putih hangat karena sama dengan suhu tubuh manusia.

Sebelumnya Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB) Prof Ali Khomsan mengatakan masyarakat sebaiknya mengurangi konsumsi kopi serta makanan pedas dalam situasi tidak nyaman atau stres selama isolasi diri ataupun karantina diri. Sebab hal tersebut membuat lambung tidak nyaman.

Termasuk pula mengurangi makan makanan yang terlalu manis saat dalam kondisi stres. Sebab, hal itu dapat memboroskan vitamin-vitamin B yang sudah masuk ke dalam dan itu tidak baik.

Ia mengatakan pola makan perlu diperhatikan sebab saat seseorang stres, maka hal itu biasanya berhubungan dengan kondisi lambung yang menjadi bermasalah.

Selain menghindari sejumlah makanan saat berada dalam kondisi tidak nyaman atau stres, ia juga menganjurkan masyarakat untuk terus mengupayakan agar tubuh tetap bergerak dalam rangka antisipasi penyebaran corona.

Setidaknya masyarakat bisa olahraga secukupnya di teras rumah masing-masing sehingga tubuh tidak mengalami kelebihan kalori yang masuk namun tidak dikeluarkan.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."