Mulai Besok Pagi, Lakukan Terapi Air Putih Seperti Orang Jepang

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi air putih (pixabay.com)

Ilustrasi air putih (pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Minum air putih adalah kebiasaan yang baik. Orang Jepang memilih minum air putih saat perut masih kosong. Mereka meyakini minum air putih saat perut kosong mampu mengusir berbagai penyakit, salah satunya kanker.

Orang Jepang minum air putih dalam suhu normal atau hangat. Waktunya, sesaat setelah bangun untuk membersihkan sistem pencernaan dan menjaga kesehatan usus. Jika sistem pencernaan dan kesehatan usus terjaga, para pengikut terapi air putih ala Jepang percaya, banyak penyakit bisa diobati.

Dalam terapi ini, dilarang minum air putih bersuhu dingin. Mereka menganggap air putih dingin bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan, karena berisiko membuat lemak dan minyak dari makanan mengeras di dalam saluran pencernaan, sehingga memperlambat pencernaan dan menimbulkan penyakit.

Berikut cara melakukan terapi air putih seperti orang Jepang:

  • Bangun tidur, duduk, dan atur napas.
  • Minum air putih bersuhu normal atau hangat sebanyak 4-5 kali dalam gelas berukuran 160 mililiter saat perut masih kosong.
  • Jangan menggosok gigi sebelum minum air putih.
  • Setelah minum air putih, tunggu sekitar 45 menit barulah sarapan.
  • Setiap makan, batasi durasinya selama 15 menit saja. Kemudian tunggu 2 jam sebelum makan dan minum apapun.

ilustrasi air putih. Shutterstock

Minum air putih secara teratur dan tidak berlebihan memang bermanfaat untuk kesehatan. Hanya saja, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa terapi air putih bisa menyembuhkan berbagai penyakit, seperti kanker, diabetes tipe dua, dan lainnya.

Mengutip laman Sehatq, minum air putih sesuai takaran mampu menjaga tubuh tetap terhidrasi, meningkatkan fungsi otak, menjaga stamina tubuh, dan mengontrol tekanan darah. Minum air putih juga mencegah sembelit, sakit kepala, hingga batu ginjal.

Sebelum menerapkan terapi air putih, ketahui dulu apa itu overhidrasi. Ini adalah kondisi saat tubuh mengalami kebanyakan air, sel-sel tubuh membengkak -terutama pada sel otak. Akibatnya, tekanan di tengkorak meningkat dan dapat menimbulkan sakit kepala, muntah, mual. Dampak yang fatal di antaranya sulit bernapas, otot melemah, dan tak mampu mengidentifikasi informasi sensorik.

Supaya aman, jangan minum air putih lebih dari 1 liter dalam waktu 1 jam. Sebab, 1 liter adalah jumlah maksimal yang dapat ditampung oleh ginjal orang sehat.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."