Pakar Genetika Herawati Sudoyo Fans Ansel Adams, Ada yang Ditiru

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Prof Herawati Sudoyo Supolo. TEMPO/Gunawan Wicaksoni

Prof Herawati Sudoyo Supolo. TEMPO/Gunawan Wicaksoni

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Pakar genetika dan biologi molekuler, Profesor Herawati Sudoyo Supolo menekuni hobi fotografi. Hobi yang digeluti dalam dua tahun terakhir itu berangkat dari kesukaannya terhadap Ansel Adams.

"Saya ngefan Ansel Adams," kata Herawati Sudoyo saat ditemui di Jakarta, Jumat, 28 Februari 2020. Ansel Adams adalah fotografer terkenal asal Amerika Serikat yang juga aktivis lingkungan.

Peneliti senior Lembaga Biologi Molekuler Eijkman ini memanfaatkan hobinya itu sebagai pelengkap penelitian. Misalnya, sembari meneliti, dia tidak lupa memotret bermacam lanskap di berbagai wilayah Indonesia. Ini mirip dengan hobi Adams, yang selalu merekam bentang alam yang indah di negaranya.

Prof Herawati Sudoyo Supolo. TEMPO/Gunawan Wicaksono

Herawati Sudoyo mengatakan selalu memanfaatkan perjalanannya itu untuk mengumpulkan sampel DNA atau asam deoksiribonukleat dari beberapa penduduk lokal. Dia lantas menjadikannya bahan penelitian yang hasilnya bakal dipublikasikan dalam buku berjudul Manusia Indonesia yang terbit tahun ini.

"Saya ingin buku itu, selain berisi tulisan saya, dilengkapi foto-foto karya saya sebagai penguat cerita," ucap perempuan 68 tahun, itu. Untuk memperkuat ilmu fotografinya, Herawati tidak segan bergabung dalam komunitas fotografi dan belajar kepada mentor-mentor yang tentu saja lebih muda darinya. Menurut dia, belajar kepada anak muda membuat semangatnya terus terjaga.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."