Wabah Corona, Yuni Shara: Tiada Penghasilan, Mau Apa Lagi?

Yuni Shara. Instagram.com/@yunishara

ragam

Wabah Corona, Yuni Shara: Tiada Penghasilan, Mau Apa Lagi?

Kamis, 26 Maret 2020 15:33 WIB
Reporter : Yunia Pratiwi Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Sejumlah pesohor menunjukkan aktivitas mereka di rumah dalam menerapkan social distancing selama masa wabah corona. Penyanyi Yuni Shara misalnya, mengunggah kegiatan melalui chanel Youtube, Selasa 24 Maret 2020.

Video dari Yuni Shara itu dibuka dengan pidato Presiden Joko Widodo yang menganjurkan untuk work from home (WFH) atau bekerja dari rumah dan berdiam di rumah untuk mencegah penyebaran virus corona. Yuni Shara menuruti anjuran pemerintah dengan tinggal di rumah menemani kedua anak laki-lakinya, Cello dan Cavin.

Yuni Shara memasak makanan untuk anak-anaknya. Mereka kemudian makan bersama sambil berbincang santai. Menjelang akhir video, Yuni Shara yang tampil kasual dengan atasan camo dan celana jeans, menyampaikan dukungan untuk mereka yang terpaksa bekerja di luar rumah.

Perempuan 47 tahun ini mendoakan tenaga kesehatan, seperti dokter dan perawat, mendapat keselamatan dan kesehatan saat bertugas di tengah wabah corona. Dukungan untuk tenaga kesehatan dan diam di rumah sesuai anjuran pemerintah, menurut dia, adalah cara masyarakat berpartisipasi memutus mata rantai penyebaran wabah corona.

Yuni Shara dan Michael Paulo tampil di sela konferensi pers Jakarta international BNI Java Jazz Festival di Hotel Borobudur Jakarta, 26 Februari 2020. Java Jazz Festival 2020 akan diadakan pada 28 Februari - 1 Maret 2020 di JIExpo Kemayoran, Jakarta. TEMPO/Nurdiansah

Meski begitu, Yuni Shara menambahkan, mematuhi imbauan untuk tetap berada di rumah memang membawa konsekuensi yang besar bagi sebagian orang. Yuni Shara mencontohkan dirinya yang kehilangan pekerjaan dan pada akhirnya tak punya penghasilan lantaran tidak bisa keluar rumah.

"Kayak saya, pekerjaan saya di-cancel semua. Otomatis saya enggak ada penghasilan," kata Yuni Shara. "Mau enggak mau, enggak ada pilihan karena kita harus di rumah saja."

Selain memasak, selama berada di rumah Yuni Shara juga lebih banyak membaca buku, mencari informasi tenang corona, dan nonton drama Korea. "Mau bagaimana lagi, enggak ada pilihan," ujar Yuni Shara sembari mengajak penonton tetap optimistis melalui masa ini. "Kita harus percaya, berpikir yang baik-baik. Insya Allah, Gusti Allah mencukupkan rezeki kita, saya enggak mengerti bagaimana caranya."