Yuni Shara Pakai Alpukat untuk Atasi Rambut Kering, Begini Kata Pakar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Yuni Shara menunjukkan momen keramas pakai alpukat untuk atasi rambut kering. Foto: Instagram/@yunishara36

Yuni Shara menunjukkan momen keramas pakai alpukat untuk atasi rambut kering. Foto: Instagram/@yunishara36

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi, Yuni Shara memanfaatkan bahan alami untuk atasi masalah rambutnya saat ini. Lewat video Instagram Stories, Minggu, 7 April 2024, Yuni mengungkapkan rambutnya kering seperti sapu ijuk. Setelah berkonsultasi dengan penata rambut andalannya, Ramli Chaniago, Yuni memanfaatkan jus alpukat tanpa gula untuk atasi rambut keringnya.

"Mendadak rambut kering kayak ijuk. Langsung disuruh blender alpukat sama mak borah @ramli_chaniago," tulisnya di keterangan video yang diunggah Minggu sore kemarin.

Dalam video tersebut, Yuni bertanya kepada Ramli mengapa memakai alpukat. "Pakai alpukat sudah dijus, ini mengandung zat nabati untuk rambut, bagus sekali," ucap Ramli sambil menunjukkan jus alpukat berwarna cerah di dalam wadah bening.

Ramli pun mengaku sering memakai jus alpukat untuk merawat rambutnya dulu sebelum botak seperti sekarang.

Yuni Shara menunjukkan momen keramas pakai alpukat untuk atasi rambut kering. Foto: Instagram/@yunishara36

Di video itu, Yuni tampak melakukan perawatan rambut di halaman rumahnya yang asri. Usai membasahi rambut atau keramas, Ramli tampak mengoleskan jus alpukat di setiap helai rambut Yuni, persis seperti saat creambath atau memakai masker rambut. Pijatan di kulit kepala yang dilakukan Ramli tampak dilakukan secara lembut.

"Jadi buat yang rambutnya kering kata mak borah, pakai alpukat sangat membantu," ucap kakak Kris Dayanti itu.

Di keterangan unggahannya, Yuni berharap rambutnya sehat kembali seperti semula. "Semoga segera sembuh rambutku. Pake alpukat ato avocado diancurin sampai lumbut (dijus) tapi gak pake gula yaaaa," tulisnya.

Yuni Shara menunjukkan rambutnya usai keramas pakai alpukat. Foto: Instagram/@yunishara36

Dia kemudian memamerkan tampilan rambut berkilau usai perawatan. "Ini baru kena alpukat sekali. Danke (terima kasih dalam Bahasa Jerman)," ucapnya.

Lantas apakah alpukat benar-benar bermanfaat untuk kesehatan rambut? Yuk, kita simak uraian para pakar berikut ini.

Manfaat Alpukat untuk Rambut

Alpukat dapat bertindak sebagai “peningkat nutrisi” dengan membantu meningkatkan penyerapan nutrisi yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, K, dan E, menurut California Avocado Commission. Alpukat juga kaya akan sejumlah vitamin dan nutrisi yang mungkin penting untuk kesehatan rambut, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, zat besi, dan zinc.

1. Mengatasi rambut kering dan kasar

"Alpukat kaya akan potasium dan asam amino, sehingga merevitalisasi dan mengatasi rambut kasar dan kering," kata dokter kulit bersertifikat Lucy Chen dikutip dari Byrdie.

2. Menghaluskan rambut dan meningkatkan kilau

Menurut Gretchen Friese ahli trikologi, potasium dan magnesium, dua mineral yang ditemukan dalam alpukat, dapat mengunci kelembapan, sehingga meningkatkan tekstur dan kilau rambut.

3. Mendorong pertumbuhan rambut

"Alpukat dapat membuka sumbatan folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut. Saat memijatnya ke kulit kepala, Anda meningkatkan aliran darah dan membuka sumbatan folikel yang tersumbat sekaligus memungkinkan minyak alami diserap dengan cepat," kata dokter Chen.

Selain itu, potasium dalam alpukat dapat berkontribusi pada kesehatan rambut. "Kalium membantu mengatur keseimbangan cairan di dalam dan di luar sel dalam darah dan diperlukan untuk mencegah rambut rontok," kata Veronica Joseph praktisi rambut bersertifikat yang juga pendiri Luxju.

4. Melindungi dari kerusakan rambut

Berkat vitamin C dan E, alpukat mengandung antioksidan yang membantu melindungi kulit kepala dan rambut Anda dari radikal bebas berbahaya yang dapat bertahan akibat stres dan polusi.

5. Meningkatkan kesehatan kulit kepala

Berkat minyak alaminya, alpukat dapat melembabkan dan meremajakan kulit kepala yang kering, kata dokter Chen. Alpukat membantu mendukung pelindung alami kulit kepala, yang membantu menjaga keseimbangan alami dan mencegah peradangan. Alpukat juga dapat membantu menenangkan kulit kepala yang teriritasi dan terkelupas sekaligus menghilangkan kekeringan.

Alpukat Paling Baik untuk Atasi Rambut Kering

Mengingat kemampuan alpukat untuk mengubah tekstur helaian rambut dari seperti jerami menjadi selembut kasmir, alpukat sangat ideal bagi mereka yang membutuhkan tambahan hidrasi. 

"Pemilik rambut kering dan kasar serta kulit kepala kering akan mendapat manfaat paling banyak dari sifat menenangkan dan melembapkan alpukat. Alpukat kaya akan vitamin dan asam lemak esensial yang tidak hanya menutrisi kulit kepala tetapi juga menjaga rambut tampak sehat, berkilau, dan terhidrasi," kata dokter Chen.

Cara Memakai Masker Rambut dari Alpukat

Menurut dokter Chen, akan lebih baik jika Anda menggunakan alpukat yang dihaluskan sebagai masker rambut. Anda harus mengaplikasikannya pada rambut kering karena sebagian besar masker rambut berbahan dasar minyak; rambut basah tidak akan membiarkannya meresap terlalu dalam. "Jika Anda tidak yakin apakah harus menggunakan alpukat pada rambut, Anda bisa mengoleskan sedikit pada lengan bawah, tunggu 30 menit dan lihat untuk reaksi yang merugikan," kata dokter Chen.

Pilihan Editor: 4 Gaya Rambut Yuni Shara, Model Blunt Bob Bikin Awet Muda

INSTAGRAM | BYRDIE

Halo Sahabat Cantika, Yuk Update Informasi dan Inspirasi Perempuan di Telegram Cantika

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."