Anne Avantie Buat APD untuk Tenaga Medis Lawan Wabah Corona

Anne Avantie. Dok. Pribadi

mode

Anne Avantie Buat APD untuk Tenaga Medis Lawan Wabah Corona

Rabu, 25 Maret 2020 20:50 WIB
Reporter : Tempo.co Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Tak hanya pelaku mode internasional, pelaku industri fashion lokal ikut turun tangan mengatasi pandemi virus corona baru atau COVID-19 di Tanah Air. Selain menggalang dana, ada yang memilih ikut memproduksi Alat Pelindung Diri atau APD untuk tenaga medis seperti desainer kebaya Anne Avantie.

Di tengah situasi darurat bencana saat ini, tenaga medis di Indonesia mengalami kekurangan APD untuk menjalankan tugas. Banyak di antara mereka menggunakan APD darurat, termasuk jas hujan. 

Melalui yayasannya, Anne Avantie memproduksi APD dari dana para donatur. APD tersebut akan disumbangkan ke rumah-rumah sakit dengan permohonan resmi, tidak untuk diperjualbelikan.

Dalam unggahannya di Instagram, Rabu, 25 Maret 2020, Anne membagikan foto-foto timnya yang sedang berada di mesin jahit. Mereka tampak membuat pakaian hazmat, pakaian dekontaminasi, berwarna putih.

Di keterangan foto Anne menuliskan bahwa ia tersentuh atas perjuangan para pahlawan kemanusiaan itu mempertaruhkan nyawanya menyelamatkan pasien yang terinfeksi virus corona.

“Saya menanggapi dengan segala ketulusan, walau dalam keterbatasan mesin. Tapi niat baik kami tidak terbatas. Dan saya percaya ketika Tuhan berkehendak, saya dan tim pasti dimampukan bahkan untuk hal yang mustahil sekalipun,” tulis ia di keterangan foto.

Keterbatasan mesin membuat produksi hazmat Anne Avantie terbatas, apalagi semua dikerjakan secara manual.

“Maka dengan segala keterbatasan, baju APD setiap hari kami produksi semampu yang kami bisa lakukan, semaksimal mungkin dengan menghentikan seluruh produksi yang lain,” jelasnya.

Ia juga meminta maaf karena tidak dapat menyumbangkan banyak APD untuk para tenaga medis di rumah sakit.

“Semoga apa yang kami lakukan ini bermanfaat dan bisa ditiru oleh penjahit-penjahit lain atau garmen yang lain, untuk mengambil peran, menjadi terang sekecil apa pun sinarnya bagi sesama yang membutuhkan,” ajak Anne Avantie

MILA NOVITA