Soraya Haque Ingatkan Filosofi Sapu Lidi untuk Cegah Virus Corona

Soraya Haque. Instagram.com/@sorayahaque

ragam

Soraya Haque Ingatkan Filosofi Sapu Lidi untuk Cegah Virus Corona

Rabu, 25 Maret 2020 15:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, Jakarta - Beragam cara figur publik menyampaikan seberapa penting social distancing atau jaga jarak interaksi sosial guna memutus mata rantai penyebaran virus corona baru atau COVID-19. Ada yang menyampaikan kritikan yang menggelitik seperti komika Bintang Emon. Ada pula yang memakai jargon atau pengadaian yang akrab di telinga masyarakat. Soraya Haque memilih pengandaian gerakan sapu lidi menyapu kotoran dengan kebersamaan kita mencegah COVID-19.

Model dan presenter senior ini mengunggah pesan tersebut lewat video di Instagram pada Rabu, 24 Maret 2020. Di video itu, ia tampak duduk di kursi kayu di dalam rumahnya. Ia memakai atasan tanpa lengan warna merah tua dan celana warna biru motif garis-garis.

Ia mengawali video dengan pertanyaan kenapa saat ini saya harus di rumah saja?

"Dalam memutus mata rantai covid-19 tentunya dibutuhkan gerakan kebersamaan. Agar kita semua cepat keluar dari kondisi kegelapan seperti ini. Masih ingat prinsip filosofi sapu lidi. Hanya dengan satu batang lidi saja, kita tidak akan mampu menyapu kotoran-kotoran," ucap istri Ekki Soekarno tersebut.

Ia menjelaskan lebih lanjut saat batang sapu lidi yang banyak, disatukan, dan diikat, maka dapat menyapu kotoran-kotoran dengan cepat. Seperti itulah kondisi kita saat bersatu melawan penyebaran virus corona.

"Oleh sebab itu, jika Anda semua bertanggung jawab atas kesehatan dirinya masing-masing ikut juga menjaga kehidupan dan kesehatan dari masyarakat yang ada di sekeliling kita. Ayo lakukan di rumah saja," tutur ibu tiga anak itu.

Mari teman-teman yang bisa beraktivitas dan bekerja di rumah untuk mengikuti imbauan pemerintah untuk bekerja di rumah, belajar di rumah, dan beribadah rumah. Jika Anda tetap egois dan beraktivitas di luar rumah untuk hiburan, tindakan tersebut bisa mengancam nyawa orang-orang di sekitar Anda, seperti keluarga, pasangan, dan orang tua.