Anne Avantie Bikin Cheongsam Presiden Joko Widodo tanpa Fitting

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Imlek Nasional 2020 di Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis 30 Januari 2020. TEMPO/Subekti.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri perayaan Imlek Nasional 2020 di Kota Tangerang Selatan, Banten, Kamis 30 Januari 2020. TEMPO/Subekti.

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Perancang busana Anne Avantie membuat cheongsam untuk Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Busana tradisional Tiongkok itu dikenakan oleh Jokowi saat perayaan Imlek Nasional 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Kota Tangerang, Banten, Kamis 30 Januari 2020.

Presiden Jokowi memakai cheongsam berwarna merah dengan hiasan emas. Melalui unggahan video berdurasi 7 menit di akun Instagram, Anne Avantie menceritakan proses pembuatan baju tersebut.

Sekitar satu bulan lalu, Ketua Panitia Perayaan Imlek Nasional 2020, G. Sulistiyanto menghubungi Anne Avantie dan meminta dibuatkan busana. Perempuan 53 tahun itu sangat bersyukur dengan kepercayaan yang diberikan.

"Saya merasa ini adalah sebuah anugerah yang sangat luar biasa dalam perjalanan karier," tulis Anne Avantie dalam unggahannya pada Jumat, 31 Januari 2020. Setelah menerima permintaan itu, Anne Avantie pun datang ke Sekretariat Negara untuk mendiskusikan model, warna, dan ukuran busana Presiden Joko Widodo.

Presiden Joko Widodo mengenakan busana tradisional Tiongkok, cheongsam karya perancang Anne Avantie. Instagram

Warna yang disepakati adalah hitam emas. Pertimbangannya, tahun 2020 yang merupakan tahun Tikus Logam. Seusai rapat, Presiden Joko Widodo menyatakan lebih suka dengan warna merah. "Karena warna merah adalah simbol kemakmuran," katanya.

Sebab itu, Anne Avantie harus kembali berbelanja kain dan mengubah jadwal kepulangannya ke Semarang, Jawa Tengah, untuk berkumpul bersama keluarga. Dalam waktu yang singkat, Anne Vantie berhasil mendapatkan kain yang dibutuhkan dan segera membuat cheongsam untuk Presiden Jokowi sesuai rancangan.

"Tanggal 23 Januari 2020, baju sampai di Istana Negara," kata Anne Avantie. Tanpa fitting, pakaian bertema Gemah Ripah Loh Jinawi yang berarti tentram, makmur, serta sangat subur it, sangat pas saat dikenakan Presiden Jokowi. "Sampailah pada 30 Januari 2020, saya menyaksikan menyaksikan dengan rasa haru, karya saya dikenakan oleh beliau yang saya hormati, Presiden Joko Widodo."

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."