Kelompok Kreatif Rentan Gangguan Jiwa? Simak Kata Psikolog

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi perempuan sedih

Ilustrasi perempuan sedih

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Gangguan jiwa atau penyakit mental adalah istilah luas yang mencakup berbagai kondisi yang memengaruhi cara Anda merasakan dan berpikir. Selain itu, juga bisa dapat berdampak dalam menjalani kehidupan sehari-hari. 

Gangguan jiwa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk genetika, lingkungan hidup, kebiasaan sehari-hari, dan biologis. Salah satu kelompok yang berisiko mengalami gangguan jiwa ialah mereka yang termasuk kelompok kreatif baik seniman ataupun penulis.

Hal tersebut dikatakan oleh Psikolog Ratih Ibrahim dalam peluncuran buku Jelajah Jiwa Hapus Stigma hasil karya Spesialis Kesehatan Jiwa Nova Riyanti Yusuf, Rabu 11 Maret 2020 di Jakarta.

Apakah kelompok kreatif lebih rentan mengalami gangguan jiwa? Hingga saat ini dikatakan Ratih belum ada penelitian yang bisa menjawab pertanyaan ini secara komprehensif. Namun menurut ia terdapat beberapa faktor yang bisa memengaruhi kondisi kejiwaan mereka, mulai dari pola kepribadian, tempramental hingga over thinking dari berbagai aspek.

"Untuk itu manusia membutuhkan orang lain untuk berbagi. Teman berbagi untuk dimengerti, sebab sesungguhnya orang itu membutuhkan rasa ingin dimengerti," terang Ratih.

Gejala-gejala dari banyak penyakit mental bisa menjadi lebih buruk jika mereka tidak dirawat. Ratih mengimbau agar jika Anda atau seseorang di sekitar memiliki gejala terkait gangguan jiwa bisa menghubungi bantuan psikologis.

Depresi bukan masalah sepele. Jika Anda atau orang di dekat Anda memiliki tanda-tanda depresi dan punya tendensi bunuh diri, silakan menghubungi hotline kesehatan jiwa Kementerian Kesehatan di nomor 021- 500 454 atau menghubungi komunitas seperti LSM Jangan Bunuh Diri di nomor telepon 021-06969293 dan Into The Light  di email: intothelight.email@gmail.com atau Instagram @intothelight. Anda juga bisa menghubungi psikolog atau psikiater terdekat.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."