Cegah Penyebaran COVID-19 di Kantor dengan 4 Langkah Berikut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi wanita bekerja. shutterstock.com

Ilustrasi wanita bekerja. shutterstock.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Wabah virus corona atau COVID-19 sejak akhir Desember 2019 menjadi perhatian masyarakat dunia saat ini. Di Indonesia diketahui ada dua pasien positif COVID-19 yang diumumkan pada Senin, 2 Maret 2020. Namun kondisi kedua pasien terus membaik kondisinya.

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso Mohammad Syahril mengatakan kondisi kesehatan dua pasien positif terkena COVID-19 sudah tidak demam dan sesak napas. Bila dalam dua kali pemeriksaan lagi dinyatakan mereka sehat, maka akan dipulangkan.

“Yang dua positif kemarin jadi demam tidak ada, nyeri tenggorokan tidak ada, sesak juga tidak ada, masih batuk-batuk kecillah. Mungkin dengan pilek,” kata Syahril di RSPI Sulianti Saroso, Jakarta, hari ini, Kamis, 5 Maret 2020.

Oleh karena itu, bersama-sama kita tak perlu panik, tetapi lebih meningkatkan kewaspadaan diri dalam menjaga kebersihan di berbagai area. Tak hanya di rumah, di ruang publik, termasuk pula di kantor

Apa saja yang bisa dilakukan? Berikut 4 langkah yang dijabarkan mengutip laman Times of India

1. Rutin membersihkan area dan peralatan kerja

Bagi Anda yang bekerja di dalam ruangan, rutinlah membersihkan peralatan dan meja kerja Anda. Sebenarnya tindakan ini tak perlu menunggu wabah penyakit seperti COVID-19, setuju, ya? Namun khusus untuk memerangi COVID-19 ini, Anda disarankan membersihkan meja, laptop, komputer, alat tulis, telepon hingga mouse dengan desinfektan secara berkala setiap hari. Anda bisa berkomunikasi pula dengan pihak kantor untuk menyediakannya.

2. Tisu 

Menurut Centres for Disease Control and Prevention (CDC) atau Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat, di masa memerangi COVID-19 ini setiap kantor dianjurkan menyediakan tisu untuk membersihkan gagang pintu, remote, tombol lift sebelum disentuh oleh setiap karyawan.

3. Hand sanitizer

Cuci tangan dengan air mengalir dan sabun tetap menjadi pilihan utama dalam menjaga kebersihan tangan. Namun hand sanitizer di beberapa titik kantor wajib disediakan dan diisi secara berkala pula. 

4. Komunikasi terbuka

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO), sangat penting untuk terus berkomunikasi dan menyampaikan pesan kepada karyawan untuk tetap tinggal di rumah dan berkonsultasi dengan layanan kesehatan, jika mereka hanya memiliki gejala COVID-19 yang ringan. Tujuannya agar tidak menyebarkan virus kepada orang lain, jika mereka terbukti positif.

SILVY RIANA PUTRI | FIKRI ARIGI

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."