Suka Tidur tanpa Bra? Cek 8 Manfaatnya untuk Kesehatan Tubuh

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Apakah kamu termasuk penggemar tidur tanpa bra? Banyak alasan perempuan memilih cara itu untuk lebih nyaman saat bergerak. Ada pula mitos yang berkembang di masyarakat bahwa tidur tanpa bra bisa mencegah kanker payudara. Faktanya, menurut American Cancer Society, belum ada hasil studi yang dapat membuktikan bahwa tekanan kelenjar getah bening yang disebabkan oleh penggunaan bra menyebabkan kanker payudara.

Simak beberapa manfaat tidur tanpa bra bagi kesehatan Anda

1. Membantu pernapasan lebih baik saat tidur

Saat Anda berbaring, saluran udara bagian atas akan menyempit sehingga sulit bagi oksigen untuk mencapai ke paru-paru. Jika Anda menggunakan bra saat tidur, maka pergerakan otot dada akan lebih terbatas dan oksigen semakin sulit masuk ke paru-paru.

Akibatnya, aliran oksigen dalam tubuh menjadi berkurang. Oleh karena itu, manfaat tidur tanpa bra memungkinkan Anda untuk dapat bernapas dengan baik saat tidur.

2. Meningkatkan sirkulasi darah

Manfaat lain tidur tanpa bra adalah meningkatkan sirkulasi darah. Hal ini karena setiap bra didesain menekan pembuluh darah, terlebih jenis bra kawat (underwire) dan bra untuk olahraga (push up bra).

Jika Anda tidur menggunakan bra yang ketat, maka akan menempel pada kulit sehingga membatasi gerak otot-otot dada. Akibatnya, bila digunakan terus-menerus akan menghambat sirkulasi darah ke jaringan payudara dan saraf lengan Anda serta area tubuh lainnya.

Dengan tidur tanpa bra, aliran darah pada tubuh Anda akan lancar sehingga mencegah efek negatif, seperti pusing dan kram.

3. Membuat tidur lebih nyenyak

Tidur tanpa bra bisa menjadi solusi bagi Anda yang merasa tidak nyaman tidur menggunakan bra. Dengan demikian, Anda bisa tidur lebih cepat dan nyenyak sepanjang malam. Perasaan tidak nyaman saat tidur bisa menyebabkan Anda kesulitan untuk tidur atau mengalami gangguan tidur lainnya.

Akibatnya, Anda jadi tidak memperoleh waktu istirahat yang berkualitas sehingga energi tubuh tidak bisa sepenuhnya pulih.

4. Cegah keringat berlebihan

Menggunakan bra saat tidur, terutama saat suhu ruangan naik di malam hari dapat menyebabkan Anda berkeringat. Bahkan, beberapa jenis bra mungkin dapat membuat Anda mengeluarkan keringat berlebih. 

Munculnya keringat berlebih saat tidur dapat membuat Anda menjadi tidak nyaman sehingga sering terbangun di malam hari. Tidur tanpa bra dapat menurunkan suhu tubuh sehingga Anda tidak mudah berkeringat.

5. Mengurangi risiko terjadinya cedera

Umumnya, bra yang Anda kenakan memiliki beberapa jenis bahan, seperti tali, kawat, karet, dan lainnya. Hal tersebut bisa saja menimbulkan gangguan apabila tali, kawat, atau karet bra bergesekan dengan kulit saat Anda tidur, terlebih jika Anda memiliki posisi tidur yang cukup dinamis.

Meski jarang terjadi, pergesekan atau pergerakan yang cenderung tiba-tiba dan tidak disadari bisa saja menimbulkan cedera ringan pada bagian kulit payudara dan dada Anda. Maka dari itu, tidur tanpa bra dapat meminimalkan risiko cedera ini.

6. Membantu memperbaiki sistem limfatik

Manfaat tidur tanpa bra berikutnya adalah membantu memperbaiki sistem limfatik. Bentuk bra yang terlalu ketat dan kaku dapat memberikan tekanan berlebih pada payudara Anda. Jika rutin menggunakan jenis bra ini saat tidur, Anda berisiko mengalami penyumbatan limfatik.

Penyumbatan tersebut terjadi akibat adanya penumpukan cairan pada kelenjar getah bening aksila yang terletak di area ketiak. Kelenjar inilah yang berfungsi melawan infeksi tubuh, zat-zat asing berbahaya, dan sel-sel kanker.

Ketika sistem limfatik dalam kondisi baik-baik saja maka memungkinkan pembuangan racun dari area payudara menjadi lancar. Hal ini dapat mencegah terjadinya retensi cairan, rasa tidak nyaman, dan peradangan pada payudara.

7. Mengurangi risiko infeksi kulit

Saat bra tidak pernah dilepaskan, kulit akan sulit menyerap udara sehingga menciptakan lingkungan yang hangat dan lembap untuk perkembangbiakan bakteri maupun jamur. Infeksi kuman ini dapat menyebabkan kemunculan jamur kulit dan iritasi sehingga muncul rasa gatal. Melepaskan bra saat tidur dapat membantu mengurangi risiko Anda terkena infeksi.

8. Mencegah risiko hiperpigmentasi kulit

Hiperpigmentasi adalah kondisi perubahan warna kulit yang tidak merata atau munculnya bintik-bintik berwarna gelap pada kulit Anda. Salah satu penyebab hiperpigmentasi adalah meningkatnya pigmen melanin pada area tertentu kulit.

Mengenakan bra saat tidur di malam hari, terutama bra yang ketat, dapat menyebabkan timbulnya gesekan, iritasi, dan kerusakan pada area kulit di mana tali atau kawat bra bergesekan dengan kulit Anda dalam jangka waktu yang lama. Kondisi tersebut dapat merangsang melanosit menghasilkan lebih banyak pigmen melanin pada area kulit sehingga menimbulkan hiperpigmentasi.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."