Ikan Teri Kaya Manfaat, Cocok untuk Diet dan Cegah Jerawat

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi ikan teri (Pixabay.com)

Ilustrasi ikan teri (Pixabay.com)

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Ikan teri kaya gizi yang mengandung beragam manfaat untuk tubuh. Tak kalah tinggi kandungan gizinya dengan ikan tuna atau salmon. Ikan berukuran kecil ini bisa menguatkan tulang, menyehatkan mata dan jantung, serta baik untuk diet.

Yuk, kita simak tujuh manfaat ikan teri yang baik untuk tubuh

1. Baik untuk yang sedang diet

Kandungan protein yang tinggi dan rendah kalori di dalam teri merupakan kunci dari menu diet yang sehat. Tentu, cara mengolah ikan teri juga akan berpengaruh. Jadi, pilihlah yang diolah secara sehat.

2. Mencegah penuaan dini pada kulit

Mengonsumsi ikan teri dipercaya dapat bantu memperbaiki kondisi kulit menjadi lebih halus. Tak hanya itu, ikan kecil ini juga dinilai mampu bantu mencegah munculnya jerawat dan keriput yang berhubungan dengan penuaan dini.

3. Baik untuk kesehatan jantung

Ikan teri mengandung banyak lemak tak jenuh ganda yang dapat membantu mengurangi kadar kolesterol jahat atau LDL di tubuh. Saat kadar kolesterol jahat menurun, maka risiko terjadinya serangan jantung, stroke, dan penyempitan pembuluh darah akibat penumpukan plak kolesterol, juga dapat berkurang.

4. Menyehatkan mata

Ikan teri kaya akan kandungan vitamin A yang baik untuk kesehatan mata. Bahkan, mengonsumsi ikan teri dinilai bisa membantu mencegah glaukoma berkembang menjadi lebih parah. Ikan teri pun dipercaya dapat mencegah degenrasi makula dan katarak.

Meski begitu, mengonsumsi ikan teri bukanlah satu-satunya cara untuk menyehatkan mata. Hanya mengonsumsi ikan teri juga serta-merta membuat indra penglihatan Anda menjadi jauh dari kerusakan. 

5. Menguatkan tulang

Berbagai vitamin dan mineral yang terkandung di dalam ikan teri bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh, termasuk untuk menjaga kesehatan tulang. Mengonsumsi ikan ini juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah terjadinya osteoporosis maupun kelainan tulang lainnya.

Kalsium dan vitamin A yang terkandung pada ikan teri juga baik untuk pertumbuhan tulang. Kalsium pun bermanfaat untuk menjaga gigi tetap kuat dan sehat.

6. Memperbaiki sel dan jaringan

Kandungan protein yang ada di dalam ikan teri, mampu membantu metabolisme sel dan pertumbuhan serta perbaikan jaringan ikat. Secara umum, protein memang baik untuk membantu tubuh melakukan berbagai mekanisme perbaikan diri.

7. Kaya mineral yang baik untuk tubuh

Di balik ukurannya yang kecil, ikan teri ternyata juga kaya akan zat besi yang baik untuk menjaga sirkulasi darah. Kandungan selenium yang ada di dalamnya juga dapat menjaga fungsi pembuluh darah dan produksi hormon tiroid.

SEHATQ

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."