Manfaat Gula Merah untuk Atasi Jerawat dan Memperkuat Rambut

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Gula merah. amoretti.com

Gula merah. amoretti.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Gula merah tak hanya bisa dijadikan pemanis makanan. Gula yang terbuat dari aren ini juga mengandung antioksidan dan nutrisi yang dapat membantu melawan radikal bebas dan memperlambat proses penuaan.

Gula merah juga dapat mengatasi masalah noda dan bintik hitam pada kulit wajah. Vitamin C dan zat besi dalam gula merah berkhasiat untuk memperkuat dan melembutkan rambut. Simak ulasan berikut tentang bagaimana memanfaatkan gula merah untuk tubuh.

Membuat kulit berkilau

Gula merah mengandung asam glikolat yang membantu membuat kulit lebih berkilau.

Bahan-bahan:
2 sendok makan (sdm) gula merah halus
2 sdm madu
Beberapa tetes perasan lemon

Caranya:
Campurkan semua bahan dan aduk rata hingga menjadi pasta. Oleskan pasta ini pada wajah dan leher. Sebelum dioleskan, pastikan wajah dan leher dalam kondisi bersih. Oleskan secara merata dan biarkan selama 5-0 menit lalu bilas dengan air.

Mengatasi masalah jerawat

Gula merah juga memiliki khasiat untuk mengatasi masalah jerawat, termasuk bekas jerawat yang membandel.

Bahan-bahan:
Gula merah
Air lemon

Caranya:
Campurkan satu sendok makan gula merah yang telah dihaluskan dengan beberapa tetes air atau air biasa.

Oleskan campuran ini pada area kulit yang berjerawat dan biarkan selama beberapa menit, lalu bilas. Untuk hasil yang maksimal, ulangi satu kali setiap hari.

Mengatasi keriput

Asam glikolat yang terkandung dalam gula merah membantu meningkatkan elastisitas kulit dan menyamarkan garis-garis halus serta kerutan.

Bahan-bahan:
1 sendok teh (sdt) gula merah halus
1 sdt teh hitam
1 sdt air anggur
Sejumput kunyit
Beberapa tetes air mawar

Caranya:
Pertama, buatlah secangkir teh hitam dan biarkan hingga dingin. Siapkan mangkuk, lalu masukkan gula merah bubuk, air anggur, teh hitam, sejumput kunyit, dan beberapa tetes air mawar. Campurkan semua bahan dengan baik hingga tidak ada gumpalan yang terbentuk. Setelah itu, oleskan campuran tersebut pada wajah hingga merata dan biarkan selama 20 menit. Terakhir, bilas wajah menggunakan air.

Mengatasi masalah kulit belang dan pigmentasi

Masalah pada kulit, seperti pigmentasi, belang, noda, ataupun bintik-bintik gelap bisa diatasi dengan memanfaatkan khasiat gula merah.

Bahan-bahan:
1 sdt gula merah halus
1 sdt air tomat
Beberapa tetes air lemon
Sejumput kunyit

Caranya:
Siapkan mangkuk dan masukkan gula merah halus, air tomat, beberapa tetes air lemon dan sejumput kunyit. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

Aplikasikan racikan ini pada kulit wajah dan biarkan selama sekitar 15 menit. Terakhir, bilas wajah dengan menggunakan air.

Melembutkan rambut

Vitamin C yang terkandung dalam gula merah dapat membantu menguatkan, menghaluskan, dan juga melembutkan rambut.

Bahan-bahan:
2 sdm gula merah halus
1 sdm fullers earth (di India dikenal dengan nama multhani mitti, merupakan lumpur yang kerap digunakan sebagai masker)
1-2 sdm dadih ( sejenis yogurt dari susu kerbau)

Caranya:
Campur semua bahan-bahan secara merata hingga menjadi pasta. Oleskan pada kulit kepala dan rambut. Lakukan gerakan memijat pada kepala selama beberapa menit lalu diamkan selama 15 menit dan bilas dengan air. Cara ini bisa dilakukan satu kali selama seminggu untuk hasil yang maksimal.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."