Anak Makan Ikan Teratur Bikin Cerdas dan Tidur Lebih Lelap

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ikan salmon. kineticsnj.com

Ikan salmon. kineticsnj.com

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Konsumsi ikan secara teratur banyak manfaatnya untuk anak. Selain pengaruhi kecerdasan, juga ikut bantu kualitas tidur lebih baik. Sebuah studi dari Universitas Pennsylvania menunjukkan bahwa anak yang makan ikan memiliki kecerdasan lebih tinggi dibandingkan yang tidak. Seperti dilansir dari laman Indian Express, penelitian menunjukkan, anak-anak yang makan ikan setidaknya seminggu sekali, tidur lebih baik dan IQ-nya naik rata-rata empat poin.

Untuk penelitian itu, 541 anak-anak di Cina dari berbagai kelompok umur diminta untuk mengisi kuesioner tentang seberapa sering mereka mengonsumsi ikan.

Pilihannya berkisar dari "tidak pernah" hingga "setidaknya satu kali per minggu". Tes IQ yang menguji keterampilan verbal dan non-verbal, seperti kosakata dan pengkodean, juga dilakukan.

Orang tua mereka lalu diminta menjawab pertanyaan standar tentang durasi tidur mereka dan frekuensi bangun malam atau kantuk di siang hari.

Data memperlihatkan, anak-anak yang makan ikan setiap minggu mencetak 4,8 poin lebih tinggi pada ujian IQ daripada mereka yang "jarang" atau "tidak pernah" mengonsumsi ikan. Anak-anak itu juga tidur lebih nyenyak di malam hari.

Ikan mengandung asam lemak omega-3 yang memiliki banyak manfaat kesehatan seperti membantu relaksasi otot, pencernaan dan pembekuan darah.

Para peneliti juga mencatat, kurang tidur berhubungan dengan perilaku antisosial dan kognisi yang buruk dan ini bisa diatasi menggunakan suplemen omega-3. Mereka menyarankan orang tua mengenalkan konsumsi ikan pada anak sejak dini.

ANTARA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."