Profil Reva Octaviani, Pemain Terbaik Liga 1 dari Persib Bandung

Gelandang Persib Putri dan pemain terbaik Liga 1 Putri edisi pertama, Reva Octaviani (Persib.co.id)

profil

Profil Reva Octaviani, Pemain Terbaik Liga 1 dari Persib Bandung

Selasa, 18 Februari 2020 08:10 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Nama Reva Octaviani melejit ketika dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga 1 Putri Persib Bandung. Perempuan kelahiran Bogor, 8 Oktober 2003, ini sudah lama mengidolakan Persib Bandung. Pujian yang dilontarkan ayahnya untuk Persib kala mengajak Reva kecil menonton pertandingan atau bermain sepak bola membuatnya kian kesengsem pada klub berjulukan Maung Bandung itu.

Reva Octaviani bermimpi menjadi pemain Persib. "Saya ternyata benar-benar sampai ke situ, mimpi yang jadi kenyataan," kata remaja 16 tahun itu pada Sabtu, 25 Januari 2020. Reva adalah bagian dari sejarah tim Persib Bandung yang berhasil menjuarai Liga 1 Putri pada Desember 2019. Pada partai final yang digelar di Stadion Pakansari, Bogor, Jawa Barat, Persib menaklukkan PS Tira Persikabo dengan skor 3-1 berkat gol Siti Latipah, Febriana Kusumaningrum, dan Reva. Gol tunggal Persikabo dicetak Risda Yulianti.

Ibunda Reva Octaviani, Ida Farida, sempat khawatir terhadap hobi putrinya yang berbeda dengan anak-anak perempuan lain di kampung itu. Apalagi beberapa kali Reva pulang dengan kondisi kelelahan, baju kotor, atau cedera. Meski ditentang orang tuanya, Reva cuek saja menjalani turnamen antarkampung. Permainannya membaik dan prestasi mulai mengalir. Ia antara lain menjuarai turnamen di Jawa Barat serta Piala Menteri Pemuda dan Olahraga. 

Selain bisa menimang piala pemenang Liga 1, Reva diganjar penghargaan sebagai pemain terbaik. Pemain asal Desa Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, itu sempat tak percaya atas semua prestasi yang ia raih dalam kompetisi perdananya. "Alhamdulillah, kemenangan ini untuk almarhum Ayah, bobotoh, pelatih, dan semua yang sudah mendukung saya hingga saat ini," ucap gelandang tengah yang mengenakan kostum bernomor punggung 8 kala membela Persib tersebut. 

Begitu kompetisi selesai, sejumlah tawaran dari tim lain menghampiri Reva. Di antaranya klub dari Jawa Tengah dan Bali. Reva tak lantas menerimanya karena mempertimbangkan lokasi klub yang jauh dari rumahnya. Duduk di kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Cisarua, Reva juga ingin mengejar pelajaran yang tertinggal setelah ia sibuk bermain bola. "Sementara fokus ke pendidikan dulu, belum terpikir gabung ke klub mana pun," ucap Reva, yang mengincar studi hingga jenjang pascasarjana. 

Toh, Reva tak meninggalkan dunia yang sudah membesarkan namanya itu. Sepak bola adalah dunianya sejak kecil. Kegemaran pada sepak bola ditularkan mendiang ayahnya, Royan Gunawan, yang dulu menjadi pelatih di kampungnya. Reva juga mengasah kemampuannya menggiring dan menendang bola di lapangan tidak terurus yang berbagi tempat dengan kandang kambing di belakang rumahnya. Lawannya anak-anak lelaki. "Bahkan ada yang lebih dewasa," ujarnya. 

Kemampuan Reva masuk radar para pelatih. Dia bergabung dengan tim nasional usia di bawah 16 tahun yang bertanding dalam Piala AFF dan AFC pada 2018. Reva juga lolos seleksi tim Provinsi Jawa Barat yang disiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional di Papua tahun ini. Persib Bandung, yang tengah mengumpulkan pemain untuk Liga 1 Putri, pun menghubungi Reva yang tengah menjalani pemusatan latihan nasional di Kalimantan. "Katanya saya sudah ditunggu di Bandung," tuturnya. 

Setelah berdiskusi dengan orang tuanya, Reva setuju masuk tim Persib Bandung Putri. Reva pun berangkat ke Bandung. Dia memperkuat tim berjulukan Maung Geulis itu dalam Liga 1 yang berlangsung selama tiga bulan. Honornya Rp 2,5 juta per bulan. "Saya butuh pengalaman bermain di sana, jadi senang saja meski honornya segitu," ucapnya. 

Reva OctavianiLahir: Bogor, 8 Oktober 2003Tinggi: 1,54 meterPosisi bermain: gelandang serangPrestasi:- Juara Piala Ketua DPRD Jawa Barat 2018- Juara Piala Menteri Pemuda dan Olahraga dan Pemain Terbaik 2019- Juara Liga 1 Putri dan Pemain Terbaik 2019Karier Tim:- Persib Putri 2019- Tim Provinsi Jawa Barat untuk PON 2020- Tim Nasional 2019

GABRIEL WAHYU TITIYOGA, M. A. MURTADHO (BOGOR), AMINUDDIN A. S. (BANDUNG), MADE ARGAWA (DENPASAR)