5 Buah Kaya Serat Ini Ampuh Menurunkan Berat Badan

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi kiwi. Unsplash.com/Lesly Juarez

Ilustrasi kiwi. Unsplash.com/Lesly Juarez

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Buah-buahan yang kaya serat mengandung kalori rendah. yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satu manfaat utama buah kaya serat adalah penurunan berat badan.

Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar bentuk karbohidrat dipecah menjadi glukosa untuk memberi kita energi. Namun serat tetap tidak bisa dicerna yang memberi kita rasa kenyang lebih lama sehingga menjaga nafsu makan kita terkendali.

Buah juga dianggap sebagai makanan terbaik penurunan berat badan karena bergerak perlahan di usus dan memberi kita perasaan kenyang, sehingga mencegah kita mengonsumsi kalori ekstra yang menambah risiko obesitas.

Berikut buah-buahan kaya serat yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan dengan mudah, seperti dilansir dari laman Boldsky

1. Kiwi

Buah kiwi seberat 100 gram mengandung 3 gram serat makanan. Kiwi adalah buah padat gizi yang mengandung serat larut dan tidak larut. Mengonsumsi kiwi membuat rasa kenyang bertahan lama. Kiwi juga mengandung enzim actinidain yang membantu pencernaan.

2. Delima

Sebanyak 100 gram delima mengandung 4 gram serat makanan. Efek positif buah delima dalam mengurangi obesitas telah disebutkan dalam banyak penelitian. Satu studi mengatakan bahwa kandungan antioksidan, tanin, dan antosianin yang tinggi dalam buah delima bisa berfungsi mengurangi lemak tubuh.

3. Alpukat

Kandungan 100 gram alpukat sama dengan 6,7 gram serat makanan. Menurut sebuah penelitian, alpukat mengandung senyawa bioaktif yang membantu mengurangi risiko kegemukan.

Alpukat juga dianggap sebagai sumber serat makanan yang kaya karena bisa meningkatkan rasa kenyang dan menurunkan keinginan untuk makan.

4. Raspberry

Setiap 100 gram raspberry mengandung 6,5 gram serat makanan. Menurut sebuah penelitian, raspberry mencegah peningkatan lemak hati dan obesitas pada seseorang. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa raspberry membantu menurunkan berat badan dan kandungan triasilgliserol hati.

5. Jambu biji

Jambu biji dengan berat 100 gram mengandung 5,4 gram serat makanan. Ini adalah salah satu di antara makanan super yang memiliki kalori rendah dan serat makanan tinggi. Menurut sebuah penelitian, jambu biji dianggap terbaik untuk mengatur profil lipid (kolesterol) dan gula darah pada individu.

EKA WAHYU PRAMITA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."