Tinggal di Apartemen, Ketahui Tips Menjaga Keselamatan Anak

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Rini Kustiani

google-image
Ilustrasi apartemen. ANTARA/Andika Wahyu

Ilustrasi apartemen. ANTARA/Andika Wahyu

IKLAN

CANTIKA.COM, Jakarta - Penyanyi Karen Pooroe berduka karena anak tunggalnya, Zefania Carina Claproth, meninggal pada Sabtu 8 Februari 2020. Zefania meninggal karena terjatuh dari lantai 6 apartemen yang ditempati bersama ayahnya, Arya Satria Claproth.

Peristiwa ini menjadi pengingat bagi penghuni apartemen yang tinggal bersama anak-anak. Sebagai informasi bagi orang tua, berikut tips keselamatan anak ketika berada di apartemen seperti dikutip dari The Spruce dan Apartment Guide:

  1. Mengunci pintu dan jendela balkon
    Orang tua yang tinggal bersama anak di apartemen harus memperhatikan pintu dan jendela menuju balkon. Pintu menuju balkon bukan sekadar ditutup, namun dikunci agar anak tidak mudah membukanya. Musababnya, dengan mudahnya anak mengakses balkon, risiko terjatuh kian tinggi.

  2. Memasang palang
    Balkon apartemen umumnya sudah dilengkapi teralis untuk mencegah orang terjatuh. Namun anak-anak dengan tubuh yang mungil berisiko menyelinap di sela teralis. Dengan begitu, ada baiknya orang tua menambah palang yang mengelilingi area balkon agar tiada celah anak terjatuh.

  3. Jangan meletakkan barang di sekitar balkon
    Sebaiknya jangan meletakkan barang di sekitar balkon, terlebih perabot seperti meja atau kursi. Sebab, salah satu aktivitas yang sering dilakukan anak adalah memanjat. Jika mereka main di balkon dan memanjat meja atau kursi akan meningkatkan risiko ia terjatuh.

  4. Awasi penuh
    Tidak masalah jika hendak bermain bersama anak di balkon. Hanya saja, pengawasan terhadap anak jangan sampai lengah. Dilarang meninggalkan anak sendirian barang sekejap di balkon.

    Kalaupun hendak mengambil makanan atau minuman di dapur, ajaklah anak masuk dan menjauh dari balkon apartemen. Jangan pula mengoperasikan ponsel saat bermain bersama anak di balkon karena akan membuat lengah dan berpotensi menimbulkan kecelakaan.

SARAH ERVINA DARA SIYAHAILATUA

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."