Tips Memanggang Daging dari Chef Afit Saat Makan All You Can Eat

Afit Dwi Purwanto atau dikenal dengan Chef Afit. TEMPO/Nita Dian

kuliner

Tips Memanggang Daging dari Chef Afit Saat Makan All You Can Eat

Senin, 10 Februari 2020 19:09 WIB
Reporter : Praga Utama Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Jaringan restoran steik Holycow Steakhouse by Chef Afit yang meliputi Holycow, Holyribs, dan Loobie Lobster kini menyuguhkan cara bersantap all you can eat. Pengunjung bebas memasak bahan makanan sesuai cara dan selera masing-masing.

Setelah duduk, pengunjung akan mendapat dua lembar menu yang berisikan dua pilihan paket makanan. Pertama, Rp 98 ribu untuk empat jenis daging, dan kedua, Rp 137 ribu untuk sembilan jenis daging. Seluruh makanan itu harus habis disantap dalam tempo 1,5 jam. Jika ada sisa, pengunjung akan dikenakan denda sebesar Rp 50 ribu per 100 gram makanan tersisa.

"Aturan itu bukan untuk membatasi, tapi mengajak orang supaya lebih bijak dalam mengambil makanan," kata Afit Dwi Purwanto atau biasa disapa Chef Afit, pemilik restoran. Ketika bahan makanan sudah terhidang, Chef Afit berpesan agar para tamu tidak terpaku dengan batasan durasi makan.

Sajian barbeku di Restoran HolyGyu. TEMPO/Nita Dian

Agar waktu selama 90 menit tidak banyak terbuang, Chef Afit menyarankan pengunjung menikmati memasak dan memakan daging secara perlahan. "Nikmati daging per potong, jangan makan terburu-buru," ujar dia. Cara ini tidak akan membuat perut cepat kenyang, sehingga pelanggan bisa benar-benar menikmati sensasi makan sepuasnya.

Ihwal memasak daging, Chef Afit berbagi tips saat mengolah daging agar lebih lezat disantap. Berikut kiatnya:

  1. Jangan terlalu banyak memasak daging dalam waktu bersamaan"Kalau kebanyakan, nanti dagingnya kurang krispy karena terkena juice yang terkandung dalam daging," kata Chef Afit. Daging panggang yang enak adalah yang sedikit gosong di bagian pinggirnya dan terasa garing.

  2. Jangan celupkan daging ke saus sebelum dipanggang

    Kiat kedua untuk menikmati daging barbeku ala Jepang ini adalah jangan menyelupkan daging ke dalam saus lebih dulu. "Karena saus itu mengandung gula. Kalau terkena panas, gula akan menjadi karamel dan menimbulkan rasa pahit," ujarnya. Afit menyarankan saus dijadikan cocolan setelah daging matang.

  3. Kombinasi daging

    Agar pengalaman memasak daging lebih nikmat, kombinasikan memasak daging berlemak dengan yang tidak. Ini untuk memperkuat cita rasa daging tanpa lemak. "Lemak membuat rasa daging lebih lezat," katanya.

PRAGA UTAMA