Jelang Oscar 2020, Intip Warna Gaun Favorit Para Pemenang sebelumnya

Julia Roberts mengenakan gaun vintage rancangan Valentino saat meraih aktris utama terbaik dalam film Erin Brockovich di Oscar 2001. Today.com/Terry McGinnis / WireImage

mode

Jelang Oscar 2020, Intip Warna Gaun Favorit Para Pemenang sebelumnya

Kamis, 6 Februari 2020 07:00 WIB
Reporter : Cantika.com Editor : Silvy Riana Putri

CANTIKA.COM, JAKARTA - Perhelatan Oscar ke-92 tinggal menghitung hari. Penghargaan untuk insan film Amerika Serikat ini bakal diadakan di Dolby Theatre, Los Angeles, California, pada Ahad malam 9 Februari 2020 atau Senin pagi waktu Indonesia.

Mengutip laman Oscar, sejumlah nama pengisi acara sudah disusun. Antara lain Elton John dan Idina Menzel. Deretan nominasi di setiap kategori juga sudah diumumkan. Daftar calon pemenang di kategori aktris utama terbaik tak jauh beda dari Golden Globes 2020 dan Screen Actors Guild Awards (SAG) 2020.

Ada nama Cynthia Erivo dalam Harriet, Rene Zellweger di film Judy, Scarlett Johansson berkat perannya dalam Marriage Story, Saoirse Ronan di film Little Woman, dan Charlize Theron dalam Bombshell.

Dalam kategori aktris pendukung terbaik, nominenya Margot Robbie di film Bombshell, Florence Pugh dalam Little Woman, dan Laura Dern di Marriage Story. Dua nomine lainnya adalah Kathy Bates di film Richard Jewell dan Scarlett Johansson untuk film Jojo Rabbit.

Dengan pengumuman resmi tersebut, sejumlah persiapan dilakukan para calon pemenang. Salah satunya pemilihan busana yang full statement dari desain hingga warna.

Bicara warna, tampilan hitam, merah, biru, dan emas kerap menempati posisi teratas para pesohor dan tim kreatifnya saat memilah-milah pakaian desainer. Bahkan, ada pula yang meyakini warna tertentu yang sesuai aura si pemenang.

Ternyata dari sejumlah fakta yang dimuat laman Purewow, warna hitam tetap menjadi primadona. Mengutip laman Purewow, Senin 3 Februari 2020, sebanyak 20 dari 81 pemenang aktris pendukung terbaik selama perhelatan Oscar berbusana warna hitam.

Fakta ini bukan hal yang mengejutkan, karena warna hitam populer dan diminati untuk momen karpet merah di sejumlah penghargaan. Namun, disebutkan pula ada 24 persen yang mengalami kekalahan saat menggunakan pakaian hitam.

Gaun warna-warni berada di pilihan kedua. Penampilan cerah tersebut pernah dipakai delapan pemenang, contohnya gaun kuning Valentino Couture dan merah anggur yang dikenakan Cate Blanchett pada Oscar 2005.

Cate Blanchett mengenakan gaun Valentino Couture saat dinobatkan sebagai aktris pendukung terbaik dalam film The Aviator di Oscar 2005. Vogue.com

Di urutan ketiga, ada di antara hijau, pink, dan putih seperti gaun Regina de Oscar dari Oscar de La Renta tahun 2019, dengan masing-masing tujuh pemenang.

Beralih ke tampilan warna para juara aktris utama terbaik di Oscar, ternyata warna hitam tetap menjadi favorit. Tentunya dengan beragam desain mulai dari gaun panjang bergaya klasik hingga gaun mini modern. Kita tak akan lupa dengan penampilan ikonik Julia Roberts saat dinobatkan sebagai aktris utama terbaik di Oscar 2001 berkat perannya di film Erin Brockovich.

Brie Larson mengenakan gaun rancangan Gucci saat dianugerahi aktris utama terbaik dalam film Room di Oscar 2016. Justjared.com

Selain hitam, warna biru juga banyak peminatnya. Sepuluh pemenang aktris terbaik pernah memakai busana warna biru, termasuk gaun Gucci yang digunakan Brie Larson di Oscar 2016. Di urutan ketiga, busana warna emas. Sembilan pemenang tampil cantik memakai gaun emas serupa dengan tampilan piala Oscar.

Kira-kira dominan warna apa yang akan menghiasi karpet merah Oscar 2020? Kita tilik minggu depan, ya.