Dokter: Tidur 30 Menit Lebih Awal Bikin Rileks dan Bugar

foto-reporter

Reporter

foto-reporter

Editor

Silvy Riana Putri

google-image
Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

Ilustrasi tidur. Unsplash.com/Kinga Cichewicz

IKLAN

CANTIKA.COM, JAKARTA - Gaya hidup sehat tidak melulu soal diet dan olahraga, kualitas tidur yang cukup juga berperan menjaga kebugaran tubuh Anda. Menurut ahli, cepat atau lambatnya Anda tidur dapat membuat perbedaan besar. 

Spesialis tidur Dr. Michael Breus, Ph.D seperti dilansir dari laman Bustle, Senin 3 Februari 2020, mengatakan tidur 30 menit lebih awal bisa memberi manfaat bagi kesehatan, salah satunya lebih rileks dan bugar.

"Jika Anda mengubah waktu tidur 30 menit agar lebih dekat dengan chronotype (preferensi siklus tidur-bangun) Anda, maka kemungkinan besar Anda akan tertidur lebih cepat, mudah terlelap, dan bangun lebih segar dan sehat," kata Breus. 

Jika Anda mengalami kurang tidur, kata Breus, bisa membuat perbedaan besar. "Misalnya, jika Anda membutuhkan tujuh jam tidur malam dan Anda hanya tidur sekitar enam jam, memindahkan waktu tidur lebih awal dan konsisten dilakukan akan berefek besar," tambah ia. 

Para ahli tidak menyarankan perubahan drastis ke waktu tidur Anda. Menurut mereka, lebih baik menggunakan pola setengah jam lebih awal atau lambat untuk mengidentifikasi pola tidur alami tubuh Anda.

Namun, jika Anda menyesuaikan waktu tidur dengan cara yang bertentangan dengan chronotype Anda. Misalnya, tidur pukul 10 malam ketika tubuh Anda tidak ingin tidur sampai pukul 11 malam, kemungkinan besar tidak akan mendapat manfaat sama sekali.

Sementara itu, dr. Neil Stanley, Ph.D penulis How to Sleep Well mengatakan sebagian besar dari kita tidur bukan saat tubuh menginginkannya. Tetapi dilakukan saat program televisi yang ditonton selesai, pasangan ingin tidur hingga mengikuti pikiran untuk tidur.

Menurut ilmuwan, setiap orang memang memiliki chronotype yang berbeda. Beberapa orang suka bangun lebih awal dan tidur lebih awal, sementara yang lain tidur menjelang pagi dan bangun lebih lama.

Menurut teori ini, mengadopsi waktu tidur yang dekat dengan chronotype Anda adalah kunci untuk tidur nyenyak yang memuaskan. Jika Anda ingin mengubah waktu tidur, sebaiknya perhatikan ritme tidur alami atau nantinya bisa mengacaukan istirahat Anda.

Iklan

Berita Terkait

Rekomendasi Artikel

"Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini."