Pilih Lari Pagi atau Lari Sore, Cek Manfaat dari Sisi Kesehatan

Ilustrasi lari (pixabay.com)

kesehatan

Pilih Lari Pagi atau Lari Sore, Cek Manfaat dari Sisi Kesehatan

Sabtu, 1 Februari 2020 12:35 WIB
Reporter : Sehatq.com Editor : Rini Kustiani

CANTIKA.COM, Jakarta - Lari menjadi pilihan olahraga yang mudah dilakukan dan murah. Tinggal luangkan waktu, kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman, lalu mulailah berlari.

Sebagian orang memilih berlari di pagi hari atau di sore hari karena kesempatan dan keadaan. Misalnya, mumpung masih pagi sebelum berangkat kerja dan udara masih bersih, maka orang berlari di pagi hari. Ada pula mereka yang memilih lari di sore hari karena memang hanya punya waktu saat itu.

Mengutip laman Sehatq, ada beberapa hal yang membuat lari di sore hari lebih baik ketimbang di pagi. Bukan hanya soal kesempatan, ada beberapa alasan kesehatan yang menunjang alasan tadi.

Berkut ini ulasan lari di sore hari bagus untuk kesehatan:

  1. Melepas stress

    Lari sore membantu melepas stress setelah seharian bekerja. Dengan berlari di sore hari, Anda bisa mendengarkan kondisi tubuh dan melupakan segala tugas atau persoalan yang dihadapi sepanjang hari.

    Terlebih saat berolahraga, termasuk lari, tubuh akan memproduksi hormon endorfin. Hormon tersebut berperan penting dalam menghilangkan tekanan dan rasa khawatir dalam diri sehingga dapat melepas stres.

  2. Meningkatkan kualitas tidur di malam hari

    Bagi yang biasa terjaga di malam hari, lari sore dapat meningkatkan kualitas tidur di malam hari sehingga Anda dapat tidur lebih nyenyak. Buat yang sulit tidur, berolahraga mendekati waktu tidur juga bisa menjadi pilihan. Pastikan memberi jeda beberapa saat antara waktu olahraga dan waktu tidur.

  3. Lebih efektif

    Performa tubuh akan meningkat pada sore hari, antara pukul 16.00 sampai 19.00. Pada rentang waktu tersebut, tubuh mampu menghasilkan energi hingga puncak sehingga aktivitas olahraga apapun yang dilakukan akan lebih efektif.

  4. Meminimalisir risiko cedera

    Detak jantung dan tekanan darah cenderung lebih rendah pada sore hari. Dengan demikian, Anda cenderung menjadi lebih cepat dan fokus. Otot-otot tubuh juga lebih fleksibel saat sore hari sehingga meminimalisir risiko terjadinya cedera saat lari.

  5. Terhindar dari paparan sinar matahari yang terik

    Manfaat lari sore berikutnya adalah Anda akan terhindar dari paparan sinar matahari. Pasalnya, suhu panas matahari saat sore hari cenderung lebih rendah dibandingkan saat pagi atau siang hari. Dengan demikian, Anda pun akan merasa lebih nyaman saat lari di sore hari.

Satu hal penting yang harus dipahami sebelum berolahaga di sore hari adalah, pastikan jangan memaksakan tubuh yang lelah untuk berolahraga. Disarankan beristirahat sejenak sebelum memulai olahraga agar tubuh tetap bugar.